Sukses

5 Pemain Uzur yang Tetap Bertaji

Kelima pemain ini tetap bisa menjaga kualitas, meski sudah tak berusia muda lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sudah berusia 30 tahun, mungkin beberapa pemain sudah mulai memikirkan pensiun. Tetapi nyatanya tak sedikit nama yang terus bermain dengan istimewa meski usianya sudah di atas 35 tahun.

Samuel Eto'o bisa dijadikan contoh. Pemain asal Kamerun itu nyaris selalu menjadi striker produktif dalam kariernya.

Pada usia 37 tahun, mantan bintang Barcelona itu masih sangat kuat. Bayangkan, dia masih berhasil mengemas 44 gol dalam 77 penampilan untuk Antalyaspor sebelum bergabung Konyaspor pada Januari kemarin.

Nah selain Eto'o ada lima nama istimewa lain yang yang masih menggila meski sudah usia tua untuk ukuran pemain sepak bola. Berikut daftarnya dikutip dari Sokka:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Michael Carrick

Gelandang Manchester United ini masih merupakan pemain luar biasa pada usia 36 tahun. Meski menang baru-baru ini dia mengakui mungkin akan pensiun pada akhir musim ini.

Pemain internasional Inggris bergabung dengan The Red Devils pada 2006 dari Tottenham Hotspur sebagai pengganti Roy Keane. Dia memang cuma dapat 8 kesempatan bermain sepanjang musim ini, tapi statistik tak bisa bohong.

Carrick sukses meiliki 79,3 persen akurasi umpan, rata-rata 29 umpan, umpan kunci, dan tiga tekel dalam setiap pertandingannya. Catatan yang sepertinya biasa dilakukan gelandang enerjik, tapi tidak untuk pemain 36 tahun.

3 dari 6 halaman

4. Aritz Aduriz

Striker Spanyol ini masih bermain dengan penampilan terbaiknya, setelah mencetak 19 gol untuk Athletic Bilbao musim ini. Dia masih bermain untuk tim nasionalnya saat meraih 13 caps dengan 2 gol untuk Spanyol.

Catatan pribadinya juga terbilang istimewa. Dia melakukan rataan 2,1 tembakan tepat sasaran, 0,8 umpan kunci, 1 giringan bola, dan empat kali memenangkan duel udara. Jelas itu sangat tak masuk akal buat striker yang notabene sudah berusia 37 tahun.

Saat ini, dia terjus menjadi pemain utama buat Bilbao. Total dia telah memainkan 26 pertandingan La Liga, dan cuma delapan kali memulai dari bangku cadangan.

4 dari 6 halaman

3. Andrea Barzagli

Bek tengah Italia ini telah menjadi salah satu pemain kunci di lini belakang Juventus selama satu dekade. Bakal berusia 37 tahun pada Mei mendatang, Barzagli sedang melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk Si Nyonya Tua.

Musim ini, dia rata-rata melakukan 1,3 tekel, 1 intersep, 2,2 sapuan bola, dan 1 blok dalam setiap pertandingannya bersama Juventus. Itu angka yang tergolong luar biasa dan tak menggambarkan aksi dari pemain yang sudah berusia nyaris 37 tahun.

Faktanya memang Barzagli nyaris selalu diandalkan oleh Juventus. Musim ini, dia total telah mengoleksi 30 penampilan untuk Juve dan punya rataan umpan 92 persen.

5 dari 6 halaman

2. Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic terkenal karena kualitas bagusnya di udara, cepat, tinggi, kuat dan gesit. Mantan bintang PSG itu telah bermain untuk 8 klub di sepanjang kariernya.

Penyerang Swedia tersebut saat ini menjadi salah satu tulang punggung serangan The Red Devils. Hal itu tak lepas dari aksinya musim lalu dengan mencetak 28 gol dalam 46 penampilan.

Striker tersebut membantu tim asuhan Jose Mourinho rebut Piala Liga dan Liga Europa sebelum cedera, bermain sebaik sebelumnya. Meski memang musim ini dia baru mengemas tujuh penampilan saja bersama Man United.

6 dari 6 halaman

1. Gianluigi Buffon

Kiper Juventus ini telah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di dunia selama dua dekade. Pada usia 40 tahun, sangveteran masih merupakan kiper terbesar di dunia.

Faktanya, mantan bintang Parma ini pastinya penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Kapten Bianconeri mungkin akan mempersiapkan dirinya untuk pensiun pada akhir musim ini.

Bayangkan, dalam 14 penampilannya di Serie-A musim ini, Buffon sukses mengemas sembilan clean-sheets, alias cuma lima laga yang kebobolan. Dia rata-rata melaukan 3,38 penyelamatan per gol, dengan 93 persen tangkapan sempurna. (Indra Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.