Sukses

3 Kandidat Kuat Top Scorer Liga 1 2018

Tiga pemain ini sudah membuktikan kehebatannya sebagai calon top scorer Liga 1 2018.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal kick off Liga 1 2018 sudah dipastikan pada 23 Maret 2018. Laga perdana adalah duel antara Bhayangkara FC dan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Ini menjadi momen yang paling ditunggu pecinta Liga 1 setelah musim 2017 berakhir pada 12 November 2017. Setelah itu, memang ada beberapa turnamen pramusim. Namun, Liga 1 tetap menjadi sesuatu yang berbeda karena ini adalah kompetisi panjang.

Selain menanti siapa klub yang akan bertarung di papan atas dalam perebutan tiket Piala AFC, menarik juga dinanti siapa pemain yang akan menjadi top scorer. Musim lalu, Sylvano Comvalius dinobatkan sebagai top scorer setelah mengemas 37 gol bersama Bali United.

Masalahnya, Comvalius kini tak lagi berkompetisi di Liga 1 usai memutuskan hijrah ke Thailand. Artinya, gelar top scorer akan diperebutkan pemain lain. Jika melihat fenomena belakangan ini, tampaknya ada empat pemain yang berpeluang menjadi top scorer. Berikut daftarnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ilija Spasojevic

Meski Comvalius yang merebut top scorer, nama Spaso tampaknya sedikit lebih banyak dibicarakan pecinta sepak bola Indonesia. Maklum, ia baru saja melewati musim yang tak akan dilupakannya sebagai pemain yang berkiprah di Indonesia di musim 2017.

Datang pada paruh kedua dan memperkuat Bhayangkara FC, ia menjadi sosok kunci di balik kesuksesan tim menjuarai Liga 1 2017. Dari 16 laga, ia menyumbang 12 gol dan dua assist.

Pria yang sudah resmi menjadi pemain naturalisasi itu akan berpeluang besar merebut gelar top scorer di musim depan. Kini, publik pun menanti aksi Spaso bersama Bali United. Keberadaan Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly tentu juga akan membantunya untuk mencetak banyak gol.

 

3 dari 4 halaman

2. Alberto Goncalves

Sejatinya, pemain yang akrab disapa Beto ini sudah cukup lama malang melintang di kompetisi Indonesia. Klub pertama di Indonesia yang diperkuat Beto adalah Persipura Jayapura 2007-2010.

Ia juga kembali ke Persipura untuk musim 2011/2012 setelah sempat hengkang ke Persijap Jepara. Selain Persipura, klub di Indonesia yang sempat menikmati servis terbaik pemain asal Brasil itu adalah Arema FC.

Kini, giliran Sriwijaya FC yang beruntung bisa memiliki Beto. Meski usianya sudah 36 tahun, Beto terbukti masih menjadi striker yang disegani. Total ia mengemas 22 gol dan tiga assist dari 33 laga musim lalu.

Terkini, ia membuktikan ketajamannya saat membawa Sriwijaya FC tampil sebagai juara Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018. Ia merebut gelar top scorer untuk kesekian kalinya di Indonesia. Sebelumnya, ia juga pernah mengukir prestasi serupa di Copa Indonesia 2007, Inter Island Cup 2011, ISL 2011/2012, dan Indonesia Soccer Championship (2016).

 

4 dari 4 halaman

3. Marko Simic

Simic memang menjadi pemain yang paling berkotribusi di balik kesuksesan Persija Jakarta tampil sebagai juara Piala Presiden 2018. Peran vitalnya pun diakui banyak pihak, tak hanya dari kubu Persija saja.

Sejak membela Persija, sudah 14 gol yang dilesakkan Simic dalam tiga turnamen pramusim. Hebatnya, 11 di antaranya tercipta saat Persija tampil di Piala Presiden 2018. Makin istimewa karena kontribusinya membawa Persija tampil sebagai juara. Selain menjadi top scorer, ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Di Piala AFC pun pemain asal kroasia itu sudah membuktikan kehebatannya. Setelah menjalani dua pertandingan, koleksi Simic sudah mencapai tiga gol. Tiga gol itu diciptakan saat menggilas Tampines Rovers 4-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.