Sukses

Alasan PT LIB dan Emtek Liga 1 2018 Bakal Lebih Hebat

Kehadiran Persebaya, PSMS, dan PSIS membuat Liga 1 2018 akan lebih semarak.

Liputan6.com, Jakarta - Emtek Group dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yakin bahwa perhelatan Liga 1 2018 bakal jauh lebih sukses dibandingkan dengan musim 2017. Ada beberapa alasan yang ikut mendukung klaim tersebut.

Komitmen Emtek untuk ikut berkontribusi dalam sepak bola Indonesia kembali diperlihatkan lewat kesediaan mereka menjadi pemegang hak siar Liga 1 2018. Nantinya, Emtek akan menyiarkan Liga 1 di Indosiar, O'Channel, dan platform di bawah naungan KMK Online seperti Liputan6.com, Bola.com, dan Vidio.com.

Jadwal sudah dipastikan pada 23 Maret hingga Desember 2018 dan dibuka dengan duel Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Keduanya menyandang status sebagai juara bertahan Liga 1 dan juara Piala Presiden 2018.

Menurut Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan, kerja sama dengan Emtek ini akan membuat Liga 1 2018. Selain jumlah tayangan yang jauh lebih banyak, ada faktor lain yang membuat Berlington yakin akan hal tersebut.

"Kenapa di tahun ini kami yakin lebih sukses, karena ada tiga klub yang masuk seperti Persebaya (Surabaya), PSMS (Medan), dan PSIS (Semarang), klub yang memiliki banyak fans. Makin menarik. Kita tahu sendiri penggemar sepak bola di Jawa Timur, khususnya Surabaya, luar biasa. Begitu juga dengan Medan dan Semarang," ujar Berlinton di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (8/3/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rating Merata

Seperti diketahui, Persebaya berhak tampil di Liga 1 2018 karena statusnya sebagai juara Liga 2 2017. Sedangkan PSMS menyandang predikat runner-up dan PSIS urutan ketiga. Mereka akan mengisi slot yang ditinggalkan Semen Padang, Persiba Balikpapan, dan Persegres Gresik United karena terdegradasi.

Harsiwi Achmad, Direktur Progamming Surya Citra Media (SCM), juga memprediksi bahwa rating Liga 1 2018 akan jauh lebih tinggi dari 2017. Pasalnya, ada perubahan terkait minat penonton terhadap pertandingan sepak bola.

"Dari pengamatan kami, memang ada klub yang rating-nya selalu tinggi, ada yang tidak. Tapi kami bukan hanya berkomitmen kepada penonton. Sebagai tv kami juga berkomitmen kepada sponsor, LIB, sehingga kami akan berkomitmen menayangkan sebanyak-banyaknya pertandingan," ujar Harsiwi.

"Kalau dari analisa-analisa, kalau dulu hanya ada beberapa klub yang ratingnya bagus, tapi berdasarkan pengalaman di Piala Presiden, semakin banyak (menyebar). Kita lihat akan semakin potensial, mungkin semuanya bisa menjadi (pertandingan) menarik," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.