Sukses

5 Fakta Kemenangan Liverpool atas Southampton

Liverpool mencatatkan sejumlah catatan positif setelah meraih kemenangan atas Southampton.

- Liverpool meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Southampton pada laga pekan ke-27 Premier League. Gol dari Mohamed Salah dan Roberto Firmino memastikan The Reds membawa pulang tiga poin.

Liverpool menunjukkan penampilan yang konsisten setelah bermain imbang dengan Tottenham Hotspur pada laga pekan sebelumnya. Salah kembali menjadi aktor utama di skuat The Reds.

Kehilangan Philippe Coutinho tidak dirasakan Liverpool setelah penampilan istimewa yang mereka tunjukkan. Mohamed Salah mengambil hati suporter The Reds berkat penampilan yang impresif.

Salah seperti tidak ingin berhenti memberikan kontribusi positif untuk Liverpool. Pemain asal Mesir tersebut siap mencatatkan namanya di papan skor sebagai aktor utama atau melepaskan umpan matang agar bisa diselesaikan rekannya.

Kombinasi antara Salah dan Firmino menjadi idola baru Liverpudlian. Kini, Liverpool mengincar posisi kedua klasemen sementara Premier League setelah hanya berjarak dua poin dengan Manchester United.

Berikut ini adalah lima fakta menarik dari kemenangan Liverpool atas Southampton:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kaki Kiri Mohamed Salah

Mohamed Salah. (AFP/Paul Ellis)

Satu gol yang dicetak Mohamed Salah ke gawang Southampton membuatnya mengoleksi 22 gol pada Premier League 2017-18. Menariknya, 19 dari 22 gol tersebut dicetak melalui kaki kiri sang pemain.

Sepanjang sejarah Liverpool, hanya ada satu pemain yang bisa mencetak 19 gol dengan kaki kiri dalam satu musim, yaitu Robbie Fowler. Salah bisa melewati catatan Fowler karena masih akan melewati 11 laga Premier League bersama Liverpool pada musim ini.

Selain itu, Salah sejajar dengan Lionel Messi dalam hal mencetak gol dengan kaki kiri pada musim 2017-19. Kedua pemain tersebut sama-sama mengoleksi 19 gol dengan kaki kiri sejauh musim 2017-18 bergulir.

3 dari 6 halaman

Kemenangan Perdana Virgil van Dijk di Premier League

Virgil van Dijk. (AFP/Paul Ellis)

Virgil van Dijk tampil sebagai starter ketika Liverpool berhadapan dengan Southampton, yang notabene adalah mantan klubnya.

Walaupun memiliki ikatan emosional, Van Dijk tampil bagus dan menjaga soliditas lini pertahanan Liverpool. Van Dijk pun turut serta mengantarkan Liverpool meraih kemenangan atas Southampton.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan perdana Van Dijk sebagai pemain Liverpool di Premier League.

4 dari 6 halaman

Kemenangan ke-50 Jurgen Klopp

Jurgen Klopp

Kemenangan atas Southampton memberikan catatan tersendiri bagi manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan ke-50 Klopp dari 95 laga Premier League yang sudah ia lewati bersama Liverpool.

Jurgen Klopp menjadi manajer kesembilan yang meraih 50 kemenangan tercepat di Premier League. Saat ini, Jose Mourinho masih memimpin daftar dengan 50 kemenangan dalam 79 laga.

5 dari 6 halaman

Catatan Gol Tandang

Liverpool. (AP/Dave Thompson)

Dua gol Liverpool ke gawang Southampton mempertajam catatan gol mereka saat menjalani laga tandang. Pada musim 2016-17, Liverpool mencatatkan 33 gol.

Sementara itu, gol Salah ke gawang Southamton merupakan gol tandang ke-34 Liverpool pada musim ini. Liverpool masih menyisakan lima laga tandang lagi pada musim ini.

Catatan tersebut juga membuat Liverpool menjadi klub terbaik dalam urusan gol tandang pada musim ini di kompetisi Eropa. Di bawah The Reds, ada Juventus dan Lyon yang sama-sama mengoleksi 31 gol tandang.

6 dari 6 halaman

Catatan Buruk Mauricio Pellegrino

Mauricio Pellegrino. (AP Photo/Francisco Seco)

Mauricio Pellegrino menjalani musim perdananya sebagai manajer di Premier League pada musim 2017-18. Namun, Pellegrino tidak bisa menghindari fakta buruk kalau Southampton berada di zona merah.

Penampilan yang tidak konsisten membuat Southampton berada di peringkat ke-18 dengan koleksi 26 poin. The Saints baru meraih lima kemenangan hingga pekan ke-27 Premier League.

Fakta tersebut membuat Pellegrino kehilangan kepercayaan dari suporter Southampton. Hal tersebut terlihat ketika Pellegrino melakukan pergantian pemain dalam laga melawan Liverpool.

Suporter menganggap kalau Pellegrino tidak memahami apa yang dibutuhkan skuat Southampton.

Sumber: Squawka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.