Sukses

5 Pemain Southampton yang Gabung ke Liverpool

Berikut ini adalah kelima pemain Southampton yang merapat ke Liverpool.

Jakarta - Liverpool akan bertandang ke markas Southampton di Stadion St Mary, pada laga pekan ke-27 Premier League, Minggu (11/2/2018). Jika menilik sejarah pertemuan, The Reds lebih diunggulkan dibandingkan tim tuan rumah.

Dari total 37 kali pertemuan di Premier League, Liverpool mendulang 17 kemenangan. Adapun Southampton mengklaim 10 hasil positif, sedangkan 10 pertandingan sisanya berakhir imbang.

Tensi laga pun semakin meningkat karena diwarnai sejarah eksodus beberapa penggawa Southampton ke Liverpool. Sejak 2014, Southampton merupakan klub "langganan" The Reds soal transfer pemain.

Virgil van Dijk adalah sosok teranyar yang membelot ke Anfield pada bursa transfer Januari 2018. Manajemen Liverpool diberitakan merogoh kocek sebesar 75 juta poundsterling atau setara Rp 1,34 triliun untuk mengamankan jasa sang pemain. Dia pun meneken kontrak berdurasi lima tahun, atau hingga Juni 2023.

Selain Van Dijk, setidaknya ada keempat sosok lainya yang hijrah dari Southampton ke Liverpool. Berikut ini adalah ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sadio Mane

Sadio Mane tampil memukau sejak berseragam Southampton pada September 2014. Aksi individu sang pemain membuatnya produktif karena mendulang 22 gol dan 15 assist dari 55 laga di berbagai kompetisi.

Liverpool lantas tertarik meminang Mane yang dalam performa terbaik. Penyerang sayap Senegal tersebut akhirnya berlabuh ke Anfield dengan nilai transfer 37 juta poundsterling (Rp 696,88 triliun) pada Juli 2016.

3 dari 5 halaman

Nathaniel Clyne

Southampton menggaet Nathaniel Clyne dari Crystal Palace pada Juli 2012. Namun, sosok 26 tahun itu tidak butuh waktu lama menjadi andalan di sektor bek sayap kanan.

Manajemen Liverpool pun mulai mengamati perkembangan Clyne di Southampton. Tepat per 1 Juli 2015, sang pemain resmi menjadi bermain bersama Jordan Henderson dan kawan-kawan.

Clyne pun langsung unjuk gigi dan mengklaim tempat utama di sektor bek sayap kanan Liverpool. Dia menggantikan peran Glen Johnson yang merupakan penghuni inti di posisi tersebut sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Dejan Lovren

Wacana kepergian Daniel Agger membuat manajemen Liverpool bergerak mencari sosok pengganti. Pilihan pun jatuh kepada Dejan Lovren. Sang pemain resmi merapat ke Anfield dengan nilai transfer 22 juta poundsterling (Rp 413,94 triliun) per 27 Juli 2014.

Hadirnya bek Kroasia itu membuat Agger dipersilahkan angkat kaki pada akhir Agustus 2014. Namun, keputusan manajemen The Reds melepas bek andalannya sempat menuai kritikan.

Lovren yang diproyeksi menjadi suksesor Agger justru kesulitan menunjukkan performa terbaik. Bek 28 tahun itu kerap menjadi sasaran amukan sejumlah suporter terkait sejumlah hasil negatif yang dialami Liverpool.

5 dari 5 halaman

Adam Lallana

Southampton mempromosikan Adam Lallana ke skuat utama pada 1 Juli 2006. Namun, semusim berselang dia harus menjalani masa peminjaman ke Bournemouth dan tampil menjanjikan.

Dianggap sebagai pemain berprospek cerah, Southampton memulangkan Lallana. Dia menunjukkan pun performa apik dan perlahan merebut posisi di lini tengah Southampton.

Liverpool lantas meminang Lallana senilai 27 juta poundsterlig pada 1 Juli 2014. Hingga saat ini, sang pemain telah mengemas 21 gol dan 20 assist dari 132 laga bersama The Reds.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.