Sukses

Ketua MPR Dukung Sepak Bola Mini untuk Amal

Ketua MPR, Zulkifli Hasan ingin anak-anak bisa berlatih sepak bola dengan gratis di SSB.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan mendukung turnamen sepak bola mini bertajuk Merah Putih Cup yang digelar sejak Sabtu (20/1/2017). Ada 16 tim mengikuti sepak bola mini yang berlangsung di F7 Mini Soccer Field, Jakarta Selatan ini.

Turnamen ini memperebutkan hadiah total Rp 23 juta dengan uang pendaftaran per tim sebesar Rp 2,5 juta. Nantinya, seluruh uang pendaftaran akan disumbangkan untuk membangun Sekolah Sepak Bola (SSB) gratis.

Merah Putih Cup 2018 digelar pada akhir pekan, 20 dan 21 Januari serta 27 dan 28 Januari. Zulkifli Hasan mengaku selalu mendukung kegiatan kreatif yang digelar anak muda seperti turnamen sepak bola mini ini.

Dia juga ingin melihat anak-anak bisa berlatih sepak bola dengan gratis tanpa bingung dengan pembiayaan.

"Harusnya ikut olahraga itu tidak bayar. Kalau bayar bagaimana orang mau. Bisa saja kerjasama dengan CSR perusahaan dan mengandalkan APBN juga terbatas. Olahraga itu sudah jadi industri yang menghasilkan uang," ucapnya kepada wartawan.

"Saya selalu dukung kegiatan anak-anak muda kreatif seperti ini. Olahraga kita sedang terpuruk, SEA Games nomor 5, bola kalah terus, kalau menang lawannya harus Timor Leste. Saya kira itu agak menghina," katanya, menambahkan.

 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ala Liga Champions

Ketua MPR Zulkifli Hasan membuka turnamen sepak bola mini untuk kegiatan amal (istimewa)

Yang menarik, turnamen ini bakal menggunakan sistem yang dipakai di Liga Champions. Dimana ada fase grup dan knock out di dalamnya.

Layaknya pertandingan sepak bola mini atau mini soccer, pertandingan hanya diikuti 7 pemain lawan 7. Menurut Ketua Panitia Fauzan Ghani, peserta yang ikut dibebaskan meski dibatasi 16 tim. Ada dari komunitas maupun pecinta mini soccer.

"Pertandingan dibagi 4 hari dan gunakan sistem champions league. Sabtu, 20 Januari dan 21 Januari itu penyisihan, sedangkan pekan depan masuk fase knock out, semifinal dan final," katanya.

Fauzan membenarkan seluruh uang pendaftaran akan disumbangkan untuk SSB. "Kita juga buka kesempatan orang memberi sumbangan untuk charity. Hadiah total Rp 23 juta untuk tiga pemenang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.