Sukses

Harry Kane Raja Gol Baru

Harry Kane mengalahkan Lionel Messi sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Eropa sepanjang 2017.

Liputan6.com, London - Harry Kane menyumbang dua gol saat Tottenham Hotspur menang 4-0 atas Everton pada pekan ke-23 Liga Inggris di Wembley Stadium, Minggu (14/1/2018) dini hari WIB. Dua gol lainnya dicetak Son Heung-Min dan Christian Eriksen.

Dengan tambahan dua gol tersebut, Harry Kane total sudah mencetak 20 gol di Liga Inggris sejauh musim ini. Jumlah tersebut membuatnya menduduki puncak daftar pencetak gol terbanyak, unggul tiga gol dari gelandang Liverpool, Mohamed Salah.

Selain itu, Kane kini juga sejajar dengan Thierry Henry dan Alan Shearer. Striker 24 tahun tersebut menjadi pemain ketiga yang dalam empat musim berturut-turut mencetak 20 gol di Liga Inggris.

Henry melakukannya bersama Arsenal selama lima musim, yakni 2001-2002 hingga 2005-2006. Adapun Shearer tiga musim bersama Blackburn Rovers pada periode 1993-1994 hingga 1995-1996 dan dengan Newcastle United pada 1996-1997.

Tidak hanya itu, Kane kini juga menyandang status pencetak gol terbanyak sepanjang masa Spurs di Liga Inggris dengan 98 gol. Sebelumnya, catatan tersebut dimiliki Teddy Sheringham yang total mencetak 97 gol dalam kurun waktu 1992 hingga 1997 dan 2001 sampai 2003.

Hebatnya, pencapaian itu ditorehkan Harry Kane pada usia yang tergolong cukup muda. Ia baru memasuki usia 25 tahun pada 28 Juli mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalahkan Messi dan Ronaldo

Menutup 2017, Harry Kane membuat prestasi yang membanggakan. Untuk kali pertama dalam sembilan tahun, gelar pencetak gol terbanyak di Liga Eropa (Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis) pada 2017 lalu menjadi milik Kane. Dia mengungguli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang secara bergantian meraih gelar tersebut.

Hattrick Kane ke gawang Southampton dalam lanjutan Liga Inggris, 26 Desember 2017, membuatnya total mencetak 55 gol di sepanjang tahun lalu untuk klub dan negara. Ia unggul satu gol dari Messi.

"Saya sangat bangga. Messi dan Ronaldo mendominasi sepak bola sangat lama dan mereka adalah pemain terbaik yang pernah ada. Saya bangga dibandingkan dengan mereka," kata Kane, seperti dilansir France24 dari AFP.

	Infografis Striker Tottenham Hotspur Harry Kane. (Liputan6.com/Tri yasni)

Manajer Spurs Mauricio Pochettino yakin Kane bisa memecahkan rekor gol lainnya. "Jika terus seperti ini, ia akan mematahkan semua rekor di Liga Premier dan Inggris," ucapnya.

"Ia mencetak begitu banyak gol, tapi mentalitasnya ada untuk membantu tim, bekerja bagi tim, dan itulah yang membuatnya jadi pemain spesial," tandas Pochettino.

3 dari 3 halaman

Real Madrid

Penampilan gemilang Kane telah membuat Real Madrid kepincut. Kane dinilai memiliki semua kemampuan untuk menggantikan Karim Benzema yang penampilannya merosot musim ini.

Uang bukan masalah bagi klub raksasa Spanyol tersebut dalam membeli Kane. Yang jadi masalah adalah Spurs bakal mencoba mati-matian mempertahankan mesin gol mereka.

Akan tetapi, Presiden Madrid Florentino Perez tak kekurangan akal. Dia meminta bantuan Adidas untuk membajak pemain timnas Inggris ke Santiago Bernabeu.

Kebetulan, kontrak Kane dengan Nike akan selesai akhir musim ini. Dengan demikian, Adidas punya peluang untuk merekrut Kane menggoda Kane.

Keinginan Perez merekrut Kane tidak hanya untuk mempertajam lini serang Madrid. Namun, dia juga berniat memakai inisial Harry Kane (HK) dalam mengembangkan popularitas di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.