Messi Terima Gaji 1,59 Triliun Per Tahun di Barcelona

Oleh Ary Wibowo pada 13 Jan 2018, 21:24 WIB
Lionel Messi

Barcelona - Bintang Barcelona, Lionel Messi, dikabarkan Marca, Sabtu (13/1/2018), menerima total gaji sebesar 100 juta euro (Rp 1,59 triliun) per tahun.

Messi resmi memperpanjang kontrak di Barcelona pada 25 September 2017. Bomber asal Argentina tersebut akan tetap menjadi bagian Blaugrana hingga 2021.

Seperti dilansir Marca, berdasar dokumen Football Leaks, Barcelona membayar lebih dari 400 juta euro untuk kontrak berdurasi empat tahun untuk Lionel Messi.

Dari jumlah tersebut, Lionel Messi diberitakan mendapatkan gaji bersih sebesar 50 juta euro per tahun, atau hampir dua kali lipat dari gaji yang diterima Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Akan tetapi, nominal di atas baru berasal dari gaji yang diberikan Barcelona. Apabila ditambah pendapatan dari hak cipta sebesar 15 persen, Lionel Messi akan mendapat bayaran 71 juta euro.

Belum lagi, dalam salah satu klausul menyebutkan, Lionel Messi akan mendapat bonus loyalitas sebesar 70 juta euro apabial tidak hengkang dari Barcelona sebelum kontraknya berakhir.

Dengan demikian, total pendapatan Messi per tahun mencapai lebih dari 100 juta euro, dengan rincian 71 juta euro x 4 musim = 284 juta euro + 63,5 juta euro (bonus kesepakatan kontrak) +70 juta euro (bonus loyalitas) = 417,5 juta euro.

1 of 2

Bonus lain

Selain rincian di atas, Lionel Messi juga masih mendapatkan peluang tambahan gaji dari sejumlah bonus yang tertera dalam klausul kontraknya.

Satu di antaranya adalah bonus penampilan. Menurut Marca, apabila memainkan 60 persen dari total pertandingan Barcelona, Lionel Messi akan mendapat tambahan bonus sebesar 1,9 juta euro.

Selain itu, ada pula bonus sebesar 12 juta euro jika Barcelona mampu menjuarai Liga Champions selama Lionel Messi masih berkarier di Camp Nou.

Sumber: Marca, AS

Lanjutkan Membaca ↓