Sukses

Catalonia Merdeka, Messi Tetap di Barcelona

Karier Lionel Messi bersama Barcelona sepertinya tak bakal terganggu isu kemerdekaan Katalonia.

Liputan6.com, Barcelona - Karier Lionel Messi bersama Barcelona sepertinya tak bakal terganggu isu kemerdekaan Katalonia. Bintang asal Argentina itu disebut bakal bertahan meski akhirnya Katalonia merdeka dari Spanyol.

Dilansir Sport, salah satu sumber dalam Barcelona menuturkan, kalau klausul kontrak Messi tidak menyebutkan kata hengkang, andai Katalonia merdeka. Oleh karena itu, Messi pun bakal tetap bertahan di Barcelona, apapun yang akan terjadi terkait kemerdekaan Katalonia.

Seperti diketahui, Katalonia terus berupaya agar merdeka dari Spanyol. Salah satu usaha yang dilakukan adalah referendum yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Referendum itu sendiri memutuskan Katalonia merdeka. Namun pemerintah Spanyol menolak hasil referendum tersebut.

Meskipun demikian, usaha agar Katalonia merdeka tetap dilakukan. Salah satu konsekuensi dari merdekanya Katalonia adalah keikutsertaan Barcelona di Liga Spanyol.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Barcelona Keluar dari Liga Spanyol

Barcelona (AP/Lalo R. Villar)

Jika Katalonia merdeka, Barcelona bakal keluar dari Liga Spanyol. Hal inilah yang dianggap bakal merugikan pihak Liga.

Maklum, Barcelona adalah salah satu tim besar di Liga Spanyol selain Real Madrid. Klub berjuluk Blaugrana itu telah meraih 24 gelar di kasta pertama.

Selain itu, keluarnya Barcelona juga bisa berdampak ke finansial Liga Spanyol. Seperti diketahui, laga El Clasico antara Real Madrid Vs Barcelona selalu menyedot penonton dari penjuru dunia.

3 dari 3 halaman

Manchester City

Terlepas dari rumor Katalonia, Messi sempat diberitakan berniat pindah dari Barcelona. Manchester City digadang-gadang menjadi klub yang serius meminati Messi.

Namun sepertinya, rumor Messi ke Manchester City hanya isapan jempol belaka. Pasalnya, Messi kerap menyatakan setia pada Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.