Sukses

Ini Beda Lionel Messi dan Ronaldo di Mata Legenda Madrid

Roberto Carlos melihat perbedaan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Liputan6.com, Jakarta Membandingkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seperti tak ada habisnya. Roberto Carlos, eks bek sayap Real Madrid, juga punya pandangan soal kedua pemain tersebut. 

Menurut Carlos, profesionalisme dan determinasi membuat Ronaldo berbeda dari Messi dan juga Neymar. Di mata Carlos, Ronaldo kerja keras demi melambungkan namanya di dunia. 

"Belakangan ini, ketika bicara sepak bola, Anda akan bicara mengenai Neymar, Messi, dan Ronaldo," kata Carlos kepada Fox Sports. "Cristiano (Ronaldo) bekerja agar lebih baik. Ketika Anda bicara mengenai Ballon d'Or atau prestasi lainnya, bukan orang biasa yang melakukan pemungutan suara, tapi orang-orang yang paham sepak bola, yang mengikuti statistik dari para pemain dan memilih yang terbaik di dunia," ujar Carlos menambahkan. 

Tahun 2017 boleh dikatakan menjadi tahun Ronaldo. Sepanjang tahun ini, pemain yang akrab disapa CR7 itu telah memenangkan sejumlah trofi bersama Real Madrid atau individu. 

Pemain asal Portugal itu memenangkan Ballon d'Or untuk kali kelima dan membuatnya sejajar dengan Lionel Messi. Selain itu, Ronaldo juga sukses memenangkan gelar La Liga, Liga Champions, Super Cup UEFA, Piala Super Spanyol, hingga Piala Dunia Antarklub. 

Namun langkah Ronaldo sedikit melambat di awal La Liga musim ini. Dia baru mencetak 4 gol dalam 12 kali penampilan. Sementara Messi jadi inspirasi bagi Barcelona untuk melaju terdepan dengan 45 poin atau 9 poin lebih baik dari peringkat kedua, Atletico Madrid. 

"Saya melihatnya latihan setiap hari dan caranya bekerja sangat menarik. Dia ingin berkembang setiap hari," beber pemilik tendangan geledek tersebut. 

Bagi Carlos, Messi adalah fenomena. Namun Ronaldo tidak ingin kalah dan berusaha lebih keras. "Kita tidak bicara tentang Neymar, tapi sisi Cristiano, latihan, profesionalisme, fokus, motivasi, sukses, Cristiano punya kelebihan ketimbang yang lainnya," beber Roberto Carlos. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Idola

Meski tetap mendukung Cristiano Ronaldo sebagai penguasa Santiago Bernabeu, Roberto Carlos tetap mendukung hadirnya bintang baru, yakni Vinicius Junior. Wonderkid berusia 17 tahun asal Brasil itu direkrut Mei lalu, tapi harus bertahan di Flamengo hingga Juli 2019. 

"Saya tidak akan bilang kalau dia siap, karena dia masih sangat muda. Tapi apa yang dilakukan Real Madrid, berpikir masa depan klub, saya pikir itu akan sempurna baik bagi Real Madrid dan Flamengo," kata Roberto Carlos tentang senegaranya tersebut. 

"Dia akan datang ke Eropaa untuk belajar, untuk mempercepat proses belajar sebagai pemain dan juga sebagai seorang pria," kata Carlos menambahkan.  

 

 

3 dari 3 halaman

Tidak Pernah Mudah

Bermain di Real Madrid tidak pernah mudah. Setidaknya, Carlos pernah merasakan ini saat masih berkostum Los Blancos 1996-2007. Tekanan di Bernabeu sangat besar. 

"Dia tahu, bermain untuk Real Madrid tidak pernah mudah sebab Bernabeu sangat besar, fans menuntut banyak. Sebagai pemain Real Madrid bakal membuatnya sangat banyak dan lebih termotivasi," beber Carlos. 

"Hari ini dia bahkan punya tanggung jawab yang lebih besar lagi untuk berkembang dari hari ke hari. Saya doakan dia berhasil, sebab saya yakin dia akan jadi idola di klub ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.