Sukses

PSSI Akan Seleksi Atlet Timnas Putri untuk Asian Games

Puluhan nama atlet telah direkomendasikan tim pencari bakat untuk memperkuat timnas putri Indonesia di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Palembang - PSSI tengah menyeleksi atlet untuk memperkuat timnas putri Indonesia pada Asian Games 2018. Menurut anggota Exco PSSI Papat Yunisal, pihaknya sudah mendapatkan puluhan nama atlet yang direkomendasi tim pencari bakat lewat kompetisi Piala Pertiwi untuk diseleksi menjadi peserta pemusatan latihan nasional.

"Maksimal 40 atlet yang akan diseleksi. Mereka dipilih tim pencari bakat melalui ajang Piala Pertiwi yang diikuti 12 provinsi. Namun, jika ada Asprov PSSI yang tidak menjadi peserta Piala Pertiwi mau mengirimkan satu atau dua pemain terbaiknya, maka akan diseleksi secara individu," kata Papat di Palembang, Kamis (14/12/2017), seperti dinukil Antara.

Ia menambahkan, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendapatkan tiket secara cuma-cuma menjadi salah satu kontestan. Meski tanpa seleksi, selaku tuan rumah tentunya berkeinginan memberikan yang terbaik.

Untuk itu, PSSI telah merancang program untuk mencapai target setidaknya menembus empat besar di Asian Games 2018.Program dimulai dengan menyelenggarakan pemusatan latihan nasional pada Februari di Palembang, kemudian dilanjutkan dengan sejumlah agenda uji coba seperti ke Singapura, Timur Leste, dan Thailand."

Mantan pemain Timnas Indonesia peraih medali perak Asian Cup 1983 ini juga memastikan untuk mematangkan kesiapan, maka tim putri akan berlaga pada Piala AFF U-16 dan Piala AFF senior.

"PSSI berharap dengan menjadi tuan rumah Asian Games maka dapat menjadi pelecut bangkitnya sepak bola wanita di Tanah Air," kata mantan striker nasional ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimassalkan

Direktur Teknik PSSI Danurwindo.(Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sementara itu, ketua tim pencari bakat PSSI Danurwindo mengatakan Asian Games 2018 seharusnya dimanfaatkan Indonesia untuk menggenjot perkembangan sepak bola putri.

"Minat sudah ada, tinggal dimassalkan. Jika sudah massal, maka akan mudah mendapatkan pemain bagus," kata dia.

Menurutnya, berdasarkan pematauan di Piala Pertiwi, saat ini kemampuan pesepak bola putri sudah tak kalah dengan pesepak bola putra. Hanya saja terlihat masih kekurangan jam terbang.

"Jika di Indonesia ada kompetisi profesional tentunya akan lebih bagus. Sejujurnya, saat ini untuk sektor putri, Indonesia sudah tertinggal dengan negara-negara di Asia," ujar Danurwindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.