Sukses

BWF Super Series Finals: Tontowi / Liliyana Menangi Laga Perdana

Tontowi / Liliyana mengalahkan pasangan Inggris Chris Adcock / Gabrielle Adcock pada laga perdana Grup B BWF Super Series Finals.

Liputan6.com, Dubai - Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir meraih poin pertama dalam laga penyisihan Grup B BWF Super Series Finals 2017. Poin itu didapat ganda campuran Indonesia ini usai mengalahkan pasangan suami istri asal Inggris, Chris Adcock / Gabrielle Adcock, dengan skor 21-18, 18-21, dan 14-21 di di Hamdan Sports Center, Dubai, Rabu (13/12/2017) malam WIB.

Menghadapi Chris / Gabrielle pada laga perdana BWF Super Series Finals, Tontowi / Liliyana mendapat perlawanan ketat di game pertama. Kejar-mengejar angka terjadi sebelum Tontowi / Liliyana menutup interval pertama dengan skor 11-9.

Setelah itu, poin Tontowi / Liliyana terus melaju dan memimpin 17-13. Namun, Chris / Gabriell tak menyerah. Mereka dapat memperkecil skor menjadi 18-19. Tetapi, Tontowi / Liliyana tidak membiarkan lawan terus bangkit. Tiga poin beruntun diraih untuk merebut game ini.

Memasuki game kedua, Tontowi / Liliyana langsung tertinggal 0-3. Juara All England tiga kali itu mencoba keluar dari tekanan. Tapi, Chris / Gabrielle tak memberi kesempatan untuk unggul 7-11.

Usai interval, Tontowi / Liliyana bisa memperkecil skor menjadi 14-15. Sayang, setelah itu mereka seperti sulit mendapat poin demi poin. Chris / Gabrielle pun merebut game kedua.

Di awal game penentuan, pertandingan kembali berlangsung ketat. Kerja-mengejar poin terjadi mulai dari 4-4-, 6-6, hingga 11-9 untuk keunggulan Tontowi / Liliyana. Usai interval, Tontowi / Liliyana tidak memberikan kesempatan kepada Chris / Gabrielle. Pengembalian Gabrielle yang gagal membuat Tontowi / Liliyana memenangi pertandingan ini.

Pada laga kedua Grup B BWF Super Series Finals, Tontowi / Liliyana akan menghadapi wakil Tiongkok, Wang Yilyu / Huang Dongping. Sejauh ini, kedua pasangan sudah dua kali bertemu dengan skor 1-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Praveen / Debby

Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan / Debby Susanto menelan kekalahan pertama pada penyisihan Grup A BWF Super Series Finals 2017. Praveen / Jordan kalah dari pasangan Hong Kong, Tang Chun Man / Tse Ying Suet, Rabu (13/12/2017). (Humas PP PBSI)

Sayang, sukses Tontowi / Liliyana meraih kemenangan tak diikuti ganda campuran Indonesia lainnya, Praveen Jordan / Debby Susanto. Praveen / Debby kalah 13-21, 21-14, dan 16-21 dari pasangan Hong Kong, Tang Chun Man / Tse Ying Suet.

Dengan hasil ini, Praveen / Debby harus berjuang keras pada dua laga berikutnya. Sebab, mereka harus mampu menang demi meraih tiket semifinal.

Namun, perjuangan itu semakin berat karena di laga berikutnya Praveen / Debby bakal bertemu dengan unggulan pertama asal Tiongkok Zheng Siwei / Chen Qingchen. Setelah itu, mereka akan berhadapan dengan Kenta Kazuno / Ayane Kurihara dari Jepang.

3 dari 3 halaman

Kevin / Marcus

Sementara di nomor ganda putra, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon memetik kemenangan di laga perdana Grup A. Mereka mengalahkan wakil Denmark, Mads Conrad Petersen / Mads Pieler Kolding dengan skor telak 21-6 dan 21-16.

Selanjutnya, Marcus / Kevin akan menghadapi wakil Jepang, Takeshi Kamura / Keigo Sonoda. Ganda asal Negeri Matahari Terbit tersebut sebelumnya mengalahkan wakil Tiongkok, Li Junhui / Liu Yuchen dengan skor 21-17, 21-17.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.