Sukses

Visa Peserta Asian Games Akan Terintegrasi

Untuk atlet dan ofisial, akreditasi mereka sudah merupakan visa untuk mengikuti Asian Games.

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) memastikan visa atlet-atlet dan ofisial peserta pesta multicabang olahraga tertinggi di Asia itu telah terintegrasi dengan sistem akreditasi dalam bentuk kartu identitas peserta.

"Untuk atlet dan ofisial, akreditasi mereka sudah merupakan visa untuk mengikuti Asian Games. Sedangkan visa untuk media asing peliput Asian Games, masih kami bahas dengan Kementerian Luar Negeri dan Direktorat Jenderal Imigrasi," tutur Ketua Inasgoc Erick Thohir di sela-sela pertemuan komandan kontingen peserta Asian Games di Jakarta, Rabu (13/12/2017), seperti dinukil dari Antara.

Dalam pertemuan dengan 44 perwakilan komite olimpiade peserta Asian Games itu, Inasgoc juga memaparkan berbagai hal terkait persiapan Indonesia menyambut tamu-tamunya.

"Kami menjelaskan tentang pendaftaran peserta untuk pengurusan kartu identitas, transportasi Jakarta-Palembang, transportasi dari wisma atlet menuju arena pertandingan, penyediaan layanan di wisma atlet kepada para peserta," papar Erick.

Erick menjelaskan pemberlakuan visa bagi peserta maupun media peliput Asian Games semestinya terintegrasi dengan akreditasi kartu identitas sebagaimana dilakukan negara-negara lain tuan rumah kejuaraan olahraga internasional.

"Kami akan menggelar pertemuan dengan perwakilan Kementerian Luar Negeri dan Ditjen Imigrasi terkait pengurusan visa untuk media asing," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengurusan Visa

Chefs de Mission (CdM) Meeting Asian Games 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (13/12/2017). (Dok. Inasgoc)

Pelaksana tugas Deputi I Inasgoc Harry Warganegara mengatakan arti penting kemudahan pengurusan visa media peliput Asian Games dengan tetap mematuhi aturan soal keamanan di Indonesia.

"Kami sudah mengusulkan kepada Kemenlu dan Imigrasi. Perwakilan media asing yang akan meliput Asian Games akan tetap mengajukan visa. Hanya saja mereka dipersilakan mencetak visa itu setibanya di Indonesia karena perwakilan Indonesia tidak tersebar di sejumlah negara seperti Turkmenistan," ucap Harry.

Harry menambahkan pengaturan visa dalam jumlah banyak terkait kejuaraan multi-cabang olahraga tingkat Asian Games menjadi hal baru baik bagi Kemenlu maupun bagi Imigrasi sehingga membutuhkan terobosan aturan.

3 dari 3 halaman

Dimudahkan

Ornamen Asian Games 2018 menghiasi kawasan Kota Tua, Jakarta, Senin (4/12). Adapun perhelatan akbar olahraga Asian Games 2018 akan digelar mulai 18 Agustus-2 September di Jakarta dan Palembang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski Indonesia tetap memberlakukan visa masuk, Kepala Subdirektorat Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Hongky Juanda mengatakan, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM bakal mempermudah proses penerbitan visa bagi para peserta maupun jurnalis Asia yang akan mengikuti Asian Games 2018.

"Para jurnalis yang terakreditasi Komite Olimpiade di masing-masing negara akan mendapatkan fasilitas bebas biaya penerbitan visa. Tapi, jurnalis yang tidak terakreditasi komite Olimpiade dari negaranya akan tetap dikenakan biaya penerbitan visa," ujar Hongky.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.