Sukses

Bangun Sepak Bola Nasional, PSSI Kerja Sama dengan Jepang

Ada lima poin kerja sama PSSI dengan Jepang.

Jakarta - PSSI akan bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Penandatanganan perjanjian kerja sama itu diteken di Jakarta, Jumat (8/12). Sebelumnya, kedua pihak tengah menggelar pertemuan sejak 6 Desember 2017.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, yang didampingi Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menandatangani kerja sama dengan federasi sepak bola Jepang yang diwakili oleh Presiden JFA, Tashima Kozo, dan Sekjen JFA, Kazumichi Iwagami. Ada lima poin kerja sama yang disekati dari kerja sama ini, yaitu pembinaan wasit, pertukaran kompetensi (manajemen, kursus, dan proyek), sepak bola usia muda dan usia dini, pertandingan persahabatan di semua kategori usia, serta mempopulerkan sepak bola.

 

Baca Juga

  • Komdis PSSI Dinilai Seperti Debt Collector
  • PSSI Janji Tuntaskan Polemik TMS Persebaya dan Bhayangkara
  • PSSI Jamin Penyelengaraan Piala Presiden 2018

Dalam keterangannya, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan pentingnya kerja sama ini bagi sepak bola Indonesia untuk mengejar segala ketertinggalan dari negara-negara Asia lainnya, terutama Jepang yang sudah sangat maju dalam mengembangkan sepak bolanya.

"Jadi tidak hanya bicara pemain, tetapi juga bicara apa yang mendukung mereka untuk mencapai performa terbaik. Pelatih, pemain, wasit, manajemen, organisasi, kepemimpinan yang baik, pembinaan usia muda, bisnis, media, keanggotaan, dan hubungan internasional. Itu adalah hal-hal yang membungkus sepak bola modern yang perlu dikejar oleh PSSI," ujar Ratu Tisha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengejar Ketinggalan

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, pun menegaskan pentingnya partner kerja sama seperti JFA untuk membantu sepak bola Indonesia mengejar ketertinggalan dengan lebih cepat. "Kami sangat berterima kasih kepada JFA yang membuka peluang kerja sama ini. Kami akan bekerja sama membangun sepak bola," ujar Joko Driyono.

JFA pun membutuhkan partner kerja sama karena mereka tengah berupaya mempopulerkan sepak bola Jepang secara global. Dalam kesempatan itu, Presiden JFA, Tashima Kozo, juga yakin kerja sama dengan PSSI membawa manfaat yang sangat besar.

"Saya yakin dengan potensi yang besar, ditambah komitmen dan kompetensi yang kuat dari pengurus PSSI saat ini, sepak bola Indonesia bisa bangkit kembali," ujar Kozo.

Saksikan video pilihan di bawah in:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.