Bundesliga Ulangi Rekor Negatif di Liga Champions

Oleh Tyo Harsono pada 07 Des 2017, 23:40 WIB
Kalah dari Munchen, PSG Tetap Juara Grup

Munich - Bundesliga mengulang sejarah buruk di Liga Champions sembilan tahun silam. Rekor negatif tersebut tercipta setelah Jerman hanya menyisakan Bayern Munchen pada fase gugur ajang Liga Champions 2017-2018.

Pada kompetisi Liga Champions 2017-2018, Bundesliga hanya mampu mengirimkan tiga wakil ke fase grup setelah Hoffenheim kalah agregat 3-6 dari Liverpool pada babak play-off.

Alhasil, Bundesliga bertumpu kepada Bayern Munchen, RB Leipzig, dan Borussia Dortmund pada kompetisi elite sepak bola Eropa tersebut.

Akan tetapi, dari tiga klub tersebut, hanya Bayern Munchen yang mampu lolos ke babak 16 besar. Die Roten lolos sebagai runner-up karena kalah bersaing dengan Paris Saint-Germain.

Sementara itu, Borussia Dortmund dan RB Leipzig hanya menempati peringkat ketiga di grupnya masing-masing. Pencapaian Die Borussen lebih mengenaskan karena hanya mengumpulkan dua poin dari enam pertandingan.

Catatan negatif tersebut membuat Bundesliga mengulangi mimpi kelam musim 2008-2009. Seperti musim ini, Bayern Munchen menjadi wakil tunggal Jerman pada fase gugur.

Saat itu, Bundesliga hanya diwakili oleh Bayern Munchen dan Werder Bremen. Schalke 04 tersingkir pada babak play-off karena kalah agregat 1-4 dari Atletico Madrid.

Meski begitu, Werder Bremen gagal lolos dari fase grup karena kalah bersaing dari Panathinaikos dan Inter Milan. Sementara itu, Bayern Munchen berhasil lolos hingga ke perempat final, sebelum disingkirkan Barcelona yang keluar dari sebagai juara dengan agregat 1-5.

Setelah musim 2008-2009, Bundesliga selalu meloloskan minimal dua wakil ke fase gugur. Bahkan, pada musim 2013-2014 dan 2014-2015 keempat wakil Bundesliga lolos ke babak 16 besar.

Musim 2012-2013 menjadi puncak kejayaan Bundesliga Jerman. Saat itu, dua wakilnya, Bayern Munchen dan Borussia Dortmund, tampil pada partai puncak Liga Champions. Pertandingan dimenangi Die Roten dengan skor 2-1.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini