Potensi-Potensi Big Match di 16 Besar Liga Champions

Oleh Windi.Wicaksono pada 07 Des 2017, 17:15 WIB
Barcelona vs Celta Vigo

Liputan6.com, Nyon - Sudah 16 tim yang memastikan diri melaju ke fase knock out atau babak gugur Liga Champions setelah menyisihkan lawan-lawan di penyisihan grup. Sederet klub-klub besar merebut tiket babak 16 besar.

Inggris yang mengirim lima tim di Liga Champions musim ini mampu meloloskan seluruh wakilnya di babak 16 besar. Manchester United, Liverpool, Manchester City, dan Tottenham Hotspur melaju sebagai juara grup, sedangkan Chelsea berstatus runner up.

AS Roma dan Juventus menjadi perwakilan Italia di babak gugur kompetisi antarklub elite Eropa kali ini. Sementara Spanyol masih memiliki tiga wakil yakni Barcelona, Real Madrid, dan Sevilla.

Kemudian enam tim lainnya berasal dari negara yang berbeda, Paris Saint-Germain (Prancis), Bayern Munchen (Jerman), Besiktas (Turki). Lalu, terdapat wakil Portugal, Porto, Shakhtar Donetsk (Ukraina), dan Basel (Swiss).

Undian babak 16 besar Liga Champions bakal digelar pada Senin (11/12/2017) di Nyon, Swiss. Undian akan mempertemukan juara grup melawan runner up. Namun, tim yang bertemu tidak akan berasal dari negara yang sama atau grup yang sama di babak sebelumnya.

1 of 4

Proses Pengundian

Dalam proses pengundian, delapan tim juara grup akan berada pada pot satu yang akan diundi melawan delapan tim dari pot kedua yang merupakan runner up dari masing-masing grup.

Status juara grup dimiliki delapan tim, Manchester United, Paris Saint Germain (PSG), AS Roma, Barcelona, Liverpool, Manchester City, Besiktas, dan Tottenham Hotspur. Ada pun tim-tim pot kedua atau runner up, yakni FC Basel, Bayern Munchen, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid.

Real Madrid dan Juventus boleh jadi merupakan runner up yang paling dihindari para juara grup. Los Blancos merupakan juara bertahan Liga Champions, sedangkan Bianconeri finalis musim lalu dan 2015.

Penyandang juara grup akan bertandang lebih dulu di leg pertama laga babak 16 besar, yang berlangsung 13/14 Februari dan 20/21 Februari 2017. Leg kedua 16 besar akan dimainkan pada 6/7 Maret dan 13/14 Maret 2017.

Manchester United, yang merupakan juara Grup A berpeluang berhadapan dengan Bayern Munchen, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid. PSG yang berstatus juara Grup B melawan Basel, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid.

2 of 4

Potensi Big Match

Juara Grup C, AS Roma berpotensi bertemu Basel, Bayern Munchen, Sevilla, Shakhtar, Porto, dan Real Madrid. Sementara Basel, Bayern, Chelsea, Shakhtar, dan Porto adalah tim-tim yang kemungkinan menghadapi juara Grup D, Barcelona.

Liverpool yang kembali lagi ke Liga Champions mampu lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E. Tim asuhan Jurgen Klopp punya kans menantang Basel, Bayern Munchen, Juventus, Shakhtar, Porto, hingga Real Madrid.

Klub Inggris lainnya, Manchester City sebagai juara Grup F akan berjumpa salah satu di antara Basel, Bayern, Juventus, Sevilla, Porto, Real Madrid. Klub kejutan musim ini, Besiktas, yang jadi penguasa Grup G berpeluang bertemu Basel, Bayern, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, dan Real Madrid.

Lalu kejutan klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, yang mampu menaklukkan dominasi Real Madrid dan Borussia Dortmund di Grup H, berpotensi berhadapan dengan Basel, Bayern, Juventus, Sevilla, Shakhtar, dan Porto.

3 of 4

Kans Real Madrid bertemu MU

Dari catatan di atas, potensi-potensi bigmatch terbuka lebar di babak 16 besar. Seperti Real Madrid kontra Manchester United atau Juventus versus Manchester United kemungkinan bisa terjadi.

The Red Devils juga punya kans bertemu Bayern Munchen, yang merupakan ulangan final Liga Champions penuh drama pada musim 1998-1999. Kemungkinan pertemuan Chelsea dengan Barcelona juga terbuka, di mana kedua tim dikenal rivalitasnya di kompetisi antarklub elite Eropa ini.

Lanjutkan Membaca ↓