Sukses

3 Pemain Pinjaman Ini Jadi Superstar di Klub Baru

Pemain pinjaman ini malah membuat dampak besar pada klub baru mereka

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer tak selalu diisi dengan pembelian atau penjualan pemain secara permanen. Terkadang ada klub yang bersedia melepas atau mendatangkan pemain dengan status pinjaman.

Tak hanya bintang muda yang baru muncul, pemain berpengalaman pun banyak yang berganti klub hanya berstatus pinjaman.

Tapi, langkah pinjaman juga bisa menjadi titik balik bagi karier sang pemain, yang kemudian akhirnya menandatangani kontrak secara permanen untuk tim baru. Atau juga mereka kembali meraih sukses di klub asalnya.

Status mereka ini bisa membuat karier pemain kembali menjulang atau malah menghancurkannya. Sebagai contoh, David Beckham yang menghabiskan waktu singkat di Preston North End pada tahun 1994.

Ada juga Radamel Falcao, yang mungkin merupakan pinjaman terburuk sepanjang masa di Old Trafford (dan kemudian di Stamford Bridge). Berikut beberapa pemain pinjaman yang membuat dampak besar pada klub baru mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

James Rodriguez

James Rodriguez tiba di Real Madrid setelah tampil mengesankan di Piala Dunia bersama timnas Kolombia. Namun, kecemerlangan playmaker ini di tim ibukota Spanyol tidak berlanjut.

Selama memperkuat Madrid, James memang kurang bersinar karena tak mendapat kepercayaan di skuat inti. Di musim 2016/2017, James cuma tampil 33 kali dengan torehan 13 gol dan 11 assist. Dia punya 1.824 menit bermain atau rata-rata 55 menit.

James kemudian menghabiskan musim 2017/2018 sebagai pemain pinjaman di Bayern Munchen. James dipinjamkan selama dua musim hingga 2019 dengan biaya 5 juta euro per musim.

Bagi James kepindahannya ke Bayern nampaknya merupakan keputusan yang tepat dalam kariernya. Kini, dDia adalah bagian integral dari tim Bavarian di bawah Jupp Heynckes, setelah mencetak 2 gol dan 3 assist di Bundesliga.

Awalnya Jame memang masih harus berjuang untuk masuk tim inti saat Munchen ditangani Carlo Ancelotti. Tapi, setelah pelatih asal Italia itu dipecat, dia menjadi tim reguler pertama.

James tampil menawan baik di lini tengah maupun lini depan. Penampilannya yang cukup konsisten sepertinya membuat Munchen harus mempertimbangkan untuk membelinya secara permanen.

3 dari 4 halaman

Kylian Mbappe

Sebenarnya, superstar Prancis ini tidak termasuk dalam daftar, karena untuk semua tujuan praktis, Kylian Mbappe sudah menjadi pemain Paris Saint-Germain (PSG).

PSG mencapai kesepakatan dengan AS Monaco untuk meminjam Mbappe. Kesepakatan peminjaman tersebut termasuk dalam opsi pembelian dengan nilai tranfer sebesar 180 juta uero.

Raksasa Prancis mendatangkan Mbappe dengan status pinjaman yang harus dibeli, sehingga menghindari peraturan FFP menyusul tindakan memboyong Neymar ke ibukota Prancis.

Kini bersama PSG, dengan 4 gol dan 4 assist di liga, Mbappe sudah membentuk trio tangguh dengan Neymar dan Cavani. Kemampuan adaptasinya memungkinkan ia bermain di tiga lini.

Mbappe memenangkan penghargaan Golden Boy tahun ini, dan sudah memiliki 10 caps untuk tim nasional Prancis. 3 gol dan 3 assist di Liga Champions, juga menunjukkan bahwa dia benar-benar pemain yang layak untuk dibeli.

Simak video menarik berikut ini:

4 dari 4 halaman

Goncalo Guedes

Disebut-sebut sebagai penggant Ronaldo di tim nasional Portugal, pemain sayap berusia 21 tahun tersebut, membuat sensasi di Valencia.

Setelah dipinjamkan dari PSG, Goncalo Guedes, sudah mencetak 5 gol dan 3 assist dalam 11 pertandingan liga. Jumlah torehan golnya mungkin tidak luar biasa, tapi cara dia mencetak gol tersebut sangat istimewa.

Tak hanya itu, Guedes juga punya kemampuan umpan jauhnya yang sangat akurat, dribblingnya menjadi mimpi buruk bagi bek manapun, dan dia seperti memiliki "mata" ketika memberikan umpan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.