Sukses

5 Keputusan Kontroversial Wasit di La Liga

5 keputusan sang pengadil di pentas La Liga yang menuai kontroversi.

Jakarta - Situasi menarik terjadi ketika Barcelona bermain 1-1 melawan Valencia pada laga pekan ke-13 La Liga, di Stadion Mestalla, Senin (27/11/2017) dini hari WIB. Gol yang dicetak Lionel Messi pada menit ke-29, tidak disahkan oleh wasit Ignacio Iglesias. 

Baca Juga

  • Jordi Alba Curhat Perlakuan Negatif Suporter Valencia
  • Messi Selalu Setia Bersama Barcelona
  • 5 Fakta Menarik Barcelona Usai Ditahan Valencia

Keputusan yang merugikan Barcelona itu membuat Valencia semakin leluasa membangun serangan. Tim Kelelawar Hitam pun mampu unggul melalui bola hasil sontekan Rodrigo pada menit ke-60.

Akan tetapi, Barcelona menyamakan kedudukan lewat kreasi Jordi Alba (82'). Gagal meraih kemenangan membuat skuat Ernesto Valverde hanya bisa mendulang 35 poin, tetapi masih memuncaki klasemen sementara. Mereka unggl empat angka dari Valencia di peringkat kedua.

Keputusan kontroversial wasit yang merugikan suatu pihak seperti yang dialami Barcelona, bukan hanya kali ini saja terjadi. Setidaknya, ada empat insiden lain yang melibatkan kinerja sang pengadil lapangan di La Liga. Berikut adalah ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gol Jeremy Mathieu

Barcelona meraih kemenangan 4-0 ketika menjamu Deportivo La Coruna pada laga pekan kedelapan La Liga, di Stadion Camp Nou, 15 November 2016. Namun, beberapa pihak menganggap laga itu mendulang banyak peristiwa kontroversial yang melibatkan wasit Jose Antonio.

Salah satunya adalah ketika Antonio menganulir gol kelima Barcelona yang dicetak Jeremy Mathieu jelang pertandingan berakhir. Sang wasit menganggap bek asal Prancis itu dalam posisi offside.

Menilik tayangan ulang, Antonio sejatinya membuat keputusan keliru karena posisi Mathieu sejajar dengan barisan pertahanan Malaga.

3 dari 5 halaman

Gol Offside Saul Niguez

Kinerja wasit Jesus Gil Manzano sempat menuai perdebatan ketika memimpin pertandingan pekan ke-17 La Liga antara Atletico Madrid kontra Eibar, di Stadion Ipurua, 7 Januari 2017.

Sosok 33 tahun itu mengesahkan gol pertama Atletico Madrid yang dicetak Saul Niguez pada menit ke-54. Padahal, dalam tayangan ulang sang pemain dalam posisi offside.

Gol itu lantas meruntuhkan mentalitas yang sudah dibangun Eibar sejak babak pertama. Pada akhirnya Atletico Madrid pun menang dengan skor 2-0 karena menggandakan kedudukan lewat kreasi Antoine Griezmann (74').

4 dari 5 halaman

Gol offside Sergio Ramos

Real Madrid meraih kemenangan 2-1 ketika menjamu Malaga pada laga pekan ke-19 La Liga, di Stadion Santiago Bernabeu, 21 Januari 2017. Namun, hasil itu sempat menuai perdebatan dari berbagai pihak.

Publik mempertanyakan keputusan wasit Jesus Gli Manzano yang mengesahkan gol kedua Ramos pada menit ke-43. Padahal, dalam tayangan ulang bek Spanyol itu berada dalam posisi offside.

Real Madrid lantas membawa pulang tiga poin karena Malaga hanya bisa memperkecil ketertinggalan lewat bola hasil sontekan Juanpi Anor pada menit ke-63.

5 dari 5 halaman

Kartu Merah Keylor Navas

Real Betis merupakan pihak selanjutnya yang dirugikan akibat keteledoran wasit. Peristiwa itu terjadi ketika klub berjuluk Verdiblancos tersebut takluk 1-2 dari Madrid pada laga pekan ke-27 La Liga, di Stadion Santiago Bernabeu, 12 Maret 2017.

Pertandingan kali ini bukan soal gol yang membuat wasit Antonio Miguel dalam sorotan. Sang pengadil dianggap telah membuat keputusan keliru karena tidak memberikan penalti kepada Real Betis.

Pelanggaran keras yang dilakukan Keylor Navas terhadap gelandang Real Betis, Darko Brasanac, di kotak terlarang membuat Miguel bergeming. Padahal, beberapa pihak aksi kiper Real Madrid itu layak diganjar kartu merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.