Sukses

Siapa yang Tunjuk Ventura Jadi Pelatih Timnas Italia?

Ventura ditunjuk menangani timnas Italia sepeninggal Antonio Conte

Liputan6.com, Roma - Presiden Komite Olimpaide Italia (CONI), Giovanni Malago mengungkapkan penunjukan Gian Piero Ventura sebagai pelatih Timnas Italia tak lepas dari andil Marcello Lippi. Malago mengatakan, Lippi lah yang menilai kalau Ventura cocok menangani timnas Italia.

Ventura ditunjuk menangani timnas Italia sepeninggal Antonio Conte yang memilih untuk melatih Chelsea. Di tangan Ventura, Timnas Italia gagal melangkah ke Piala Dunia 2018 karena kalah 0-1 di babak play off dari timnas Swedia.

Kegagalan itu akhirnya memaksa Ventura lengser dari jabatannya. Federasi Sepak bola Italia (FIGC) pun tengah mencari kandidat pengganti pelatih berusia 69 tahun tersebut.

Seperti dilansir Football Italia, penunjukan Ventura ternyata dilakukan atas arahan mantan pelatih Juventus, Marcello Lippi. "Nama kandidatnya adalah Ventura, Gianni De Biasi, Vincenzo Montella dan Luciano Spalletti. Lippi diminta berbicara dengan mereka dan dia mengatakan Ventura adalah pilihan tepat," ujar Malago.

Malago menambahkan, Lippi saat itu juga masuk ke dalam kandidat. Namun keinginan kembali merekrut Lippi terbentur kenyataan kalau anak Lippi adalah agen pemain.

"Ketika pembicaraan dengan Lippi gagal, karena ada peraturan yang mencegahnya menandatangani kontrak sebab anaknya adalah agen pemain, Ventura telah direkrut," ujar Malago.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenangan Manis dengan Lippi

Timnas Italia memang punya kenangan manis dengan Lippi. Ya, di bawah komando Lippi, timnas Italia berhasil menjuarai Piala Dunia 2006.

Di babak final, Italia secara dramatis mengalahkan timnas Prancis lewat babak adu penalti. Ini adalah gelar juara dunia keempat Italia sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia.

Selepas Lippi, beberapa pelatih masuk antara lain Roberto Donadoni dan Cesare Prandelli. Prestasi tertinggi timnas Italia selepas Lippi adalah runner up Piala Eropa 2012.

3 dari 3 halaman

Ancelotti Pengganti Ventura

Di sisi lain, nama Carlo Ancelotti kabarnya menjadi kandidat paling depan untuk menggantikan Ventura. Kebetulan, Ancelotti saat ini sedang menganggur setelah dipecat oleh Bayern Munchen.

Di belakang Ancelotti, beberapa nama juga masuk dalam daftar incaran FIGC. Mereka antara lain Roberto Mancini, Claudio Ranieri, Massimiliano Allegri, dan Fabio Capello.

Sayangnya, FIGC tak bisa langsung merekrut pelatih yang mereka mau. Pasalnya, kecuali Ancelotti, keempat pelatih itu saat ini terikat kontrak dengan klub masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional
    Tim Nasional Italia merupakan salah satu negara yang sukses meraih banyak gelar di berbagai kompetisi internasional

    Timnas Italia