Sukses

5 Pemain Eksekutor Penalti Terbaik di Dunia

Persentase keberhasilan penalti mereka sangat tinggi.

Liputan6.com, Manchester - Menjadi eksekutor penalti bukan perkara mudah bagi pesepak bola. Tapi, terdapat sejumlah pemain yang memang jadi penendang terbaik untuk penalti.

Bukan hanya ketepatan dalam mengarahkan bola ke gawang. Ketenangan pemain saat menendang juga memengaruhi keberhasilan penalti.

Pemain terbaik seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo beberapa kali gagal saat penalti. Meski begitu, tingkat kesuksesan Ronaldo dan Messi masih besar dibanding kegagalannya.

Posisi di lapangan juga tidak selalu memengaruhi keberhasilan pemain mengeksekusi penalti. Banyak berlatih tendangan penalti akan membawa keuntungan bagi sang pemain, terutama jika laga harus berakhir dengan adu penalti.

Bagaimana cara memperdaya kiper jadi tugas algojo penalti. Berikut daftar eksekutor penalti terbaik di dunia seperti dilansir Sportskeeda:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Zlatan Ibrahimovic (Manchester United)

Striker kelas dunia seperti Zlatan Ibrahimovic tahu benar bagaimana menendang penalti. Dia punya persentasi 87,34 persen keberhasilan mengeksekusi penalti.

Dari 79 sepakan penalti yang pernah dilakukan sepanjang kariernya, hanya 10 di antaranya yang gagal menjadi gol. Ini bukti Ibrahimovic punya naluri mencetak gol tinggi.

Tendangan pemain Manchester United ini sulit diprediksi oleh para kiper. Ibrahimovic biasanya mengandalkan tembakan keras terarah ketika menjadi eksekutor penalti.

3 dari 6 halaman

2. Leighton Baines (Everton)

Bek kiri Everton, Leighton Baines, salah satu penembak penalti dalam sejarah Premier League. Dia punya persentase keberhasilan penalti hingga 89.28 persen.

Sepanjang kariernya, dia telah menjaringkan 25 gol lewat penalti. Hanya tiga kiper yang pernah memblok penalti Baines, Shay Given, Petr Cech, dan David De Gea.

Meski posisinya bek, naluri mencetak gol Baines tinggi. Baines mengakui ketenangan dan fokus sangat penting sebelum mengarahkan bola ke gawang.

4 dari 6 halaman

3. Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

Bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski, meninggalkan Borussia Dortmund dengan catatan penalti mengesankan dalam tiga musim. Dari 27 kali percobaan penalti, 24 di antaranya berbuah gol untuk Dortmund.

Pemain internasional Polandia ini punya persentase kesuksesan penalti hingga 91,89 persen. Sementara dalam karier profesionalnya, 34 gol dia lesakkan dari 37 kali kesempatan menjadi eksekutor penalti.

Satu-satunya kiper yang dapat menaklukkan tendangan penalti Lewandowski adalah Manuel Neuer. Menariknya, keduanya kini sama-sama membela Bayern Munchen.

5 dari 6 halaman

4. Fabinho (AS Monaco)

Di lapangan, Fabinho mampu dipasang sebagai full-back atau gelandang bertahan. Pemain asal Brasil ini juga memiliki akurasi tembakan jitu kendati bukan striker.

Dari 18 tendangan penalti yang pernah dilakukannya, Fabinho hanya gagal sekali. Kiper Borussia Dortmund, Roman Burki, memblok penalti Fabinho pada babak 16 besar Liga Champions musim lalu.

Persentase keberhasilan penaltinya mencapai 94,44 persen selama kariernya. Usianya baru 24 tahun, tapi Fabinho mampu menorehkan sejarah dengan akurasi tembakan penaltinya.

6 dari 6 halaman

1. Jonas (Benfica)

Penyerang Benfica, Jonas, merupakan ahli untuk urusan tendangan penalti. Dia membuat kiper-kiper tampak tak berdaya ketika melakukan tendangan 12 pas.

Usia Jonas yang telah menginjak 33 tahun malah semakin membuatnya tenang. Kombinasi kekuatan dan akurasi tendangannya menyulitkan para kiper.

Persentase kesuksesan tendangan penalti Jonas mencapai 96.42 persen. Jonas hanya sekali gagal mencetak gol lewat penalti sepanjang kariernya.

Dia mencatatkan rekor 17 gol melalui penalti secara beruntun. Satu-satunya kiper yang pernah memblok penaltinya adalah Daniel Lopar dari Valencia pada November 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.