Sukses

5 Calon Pelatih di Timnas Italia

Beberapa kandidat pelatih Timnas Italia.

Jakarta - Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) mengumumkan pemecatan Gian Piero Ventura sebagai pelatih timnas Italia pada Rabu (15/11/2017). FIGC bergerak cepat untuk mencari pengganti Ventura.

Baca Juga

  • Keturunan Kedelapan Sepak Bola Italia
  • Dukungan Conte Latih Timnas Italia Terus Mengalir
  • Italia Gagal ke Piala Dunia, Khedira Rasakan Kepedihan Buffon

Pemecatan Ventura disebabkan kegagalan memimpin Italia lolos ke Piala Dunia 2018. Gli Azzurri kalah agregat 0-1 dari Swedia pada fase play-off Zona Eropa.

Hasil itu membuat Italia absen pada Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1958. Ventura dianggap sebagai biang keladi kegagalan Gianluigi Buffon dan kawan-kawan.

Setelah memecat Ventura, FIGC mengincar sejumlah pelatih top dunia. Nama-nama seperti Carlo Ancelotti dan Claudio Ranieri dikaitkan untuk menangani timnas Italia.

Lantas, siapa saja pelatih yang berpeluang menangani timnas Italia? Berikut ini Bola.com merangkum lima di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Roberto Mancini

Nama Roberto Mancini telah lama dikaitkan dengan timnas Italia. Mancini sempat menjadi kandidat kuat pengganti Cesare Prandelli pada 2014.

Akan tetapi, saat itu Mancini kalah bersaing dengan Antonio Conte. Kini, eks pelatih Manchester City itu kembali masuk ke dalam kandidat pelatih Gli Azzurri.

Sebagai pelatih, Mancini memiliki rekam jejak yang cukup meyakinkan. Pelatih berusia 52 tahun itu sukses menjuarai berbagai trofi bergengsi seperti Scudetto, Coppa Italia, dan Premier League.

 

3 dari 6 halaman

Claudio Ranieri

Banyak pihak menganggap Claudio Ranieri sebagai sosok tepat untuk menangani timnas Italia. Ranieri telah memiliki banyak pengalaman sebagai pelatih.

Sepanjang kariernya, Ranieri pernah menangani kesebelasan-kesebelasan top mulai dari Chelsea, Juventus, dan Inter Milan. Pelatih berusia 66 tahun itu juga sempat menjadi pelatih terbaik FIFA 2016 setelah memimpin Leicester City memenangi Premier League 2015-2016.

Meski begitu, Ranieri memiliki noda hitam ketika menangani timnas Yunani pada 2014. Ketika itu, dia dipecat karena gagal membantu negara itu lolos ke Piala Eropa 2016.

 

4 dari 6 halaman

Marco Giampaolo

Nama Marco Giampaolo tengah menjadi buah bibir pencinta sepak bola Italia. Giampaolo berhasil memimpin Sampdoria menempati peringkat keenam klasemen sementara Serie A 2017-2018.

Sampdora asuhan Giampaolo sukses menaklukkan AC Milan yang memiliki skuat lebih baik. Selain itu, dia juga bisa menemukan bakat baru setiap musim.

Akan tetapi, beberapa pihak tidak setuju jika FIGC menunjuk Giampaolo. Pelatih berusia 50 tahun itu dianggap tidak memiliki mental juara seperti Ventura karena masih menangani kesebelasan Serie C pada 2015.

 

5 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, sempat menyatakan ambisi ingin melatih timnas Italia. Bahkan, Allegri sempat menjadi salah satu kandidat pengganti Cesare Prandelli pada 2014.

Allegri sukses memimpin AC Milan merengkuh Scudetto pada 2011 dan mendominasi Italia bersama Juventus dalam tiga musim terakhir. Pelatih berusia 50 tahun itu juga dua kali melaju hingga ke partai final Liga Champions.

Meski begitu, Allegri dikabarkan belum berniat meninggalkan Juventus. Allegri masih penasaran ingin memenangi Liga Champions bersama I Bianconeri.

 

6 dari 6 halaman

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti menjadi kandidat kuat pelatih timnas Italia. Bukan tanpa alasan, Ancelotti tengah menganggur sejak dipecat Bayern Munchen pada September 2017.

Ancelotti memiliki karier cukup mentereng sebagai pelatih. Eks pelatih AC Milan itu mengoleksi 19 gelar bergengsi, termasuk Liga Champions, Premier League, La Liga, dan Scudetto.

Akan tetapi, Ancelotti memiliki catatan yang kurang baik. Selain di AC Milan, pelatih berusia 58 tahun itu tidak pernah menangani sebuah tim lebih dari dua tahun.

Sumber: Berbagai sumber

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.