Sukses

PBVSI Belum Pastikan Peserta Uji Coba Asian Games 2018

Enam negara yang diundang untuk mengikuti pertandingan uji coba Asian Games 2018 hingga kini belum memberi balasan resmi.

Liputan6.com, Bogor - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) belum bisa memastikan peserta pertandingan uji coba Asian Games 2018. Sebab, hingga kini belum ada balasan resmi dari negara-negara yang diundang.

Reginald Nelwan menuturkan pihaknya masih menunggu hingga 1 Desember 2017 untuk mendapatkan kepastian dari negara-negara yang sebelumnya telah diundang secara resmi untuk ikut test event Asian Games 2018.

"Kami mengundang enam negara untuk turun di test event Asian Games 2018. Jadi total ada tujuh negara termasuk Indonesia. Namun, hingga saat ini belum ada kepastian dari negara yang kami undang," kata wakil ketua v bidang kompetisi PP PBVSI itu, sepert dinukil dari Antara.

Enam negara yang diundang adalah Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Myanmar, Tiongkok, dan Thailand. Sesuai dengan rencana, uji coba akan dilakukan di Tennis Indoor Senayan pada Februari 2018.

Reginald menambahkan, pihaknya sebenarnya terus berkomunikasi dengan negara yang diundang. Tapi, jawaban pasti belum bisa didapat dan rata-rata negara tersebut keberatan untuk datang ke Indonesia.

"Ada yang mengaku anggaran belum ada. Waktunya yang mepet dengan Asian Games 2018. Tapi, kami terus berupaya meyakinkan mereka. Makanya kami tunggu kepastiannya hingga 1 Desember ini," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Pengganti

Jika negara-negara yang diundang keberatan untuk datang, PBVSI akan secepatnya mencari pengganti. Ini mengingat uji coba wajib untuk dilaksanakan.

Uji coba fokusnya bukan ke pertandingan, namun fokus kepada sistem pelaksanaan. "Kami juga perlu mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dari Wisma Atlet ke Senayan. Jaraknya kan cukup jauh. Makanya harus disimulasikan. Begitu juga dengan perangkat pertandingan dan pendukungnya," paparnya.

3 dari 3 halaman

Mulai Disiapkan

Bola voli merupakan satu dari 10 cabang olahraga yang wajib menggelar uji coba Asian Games 2018. Hanya saja jumlah tersebut berkurang karena bulu tangkis menggelar uji coba lebih cepat karena pelaksanaannya digabungkan dengan kejuaraan Indonesia Master pada akhir Januari 2018.

Terkait dengan tim, Regi menjelaskan jika saat ini mulai disiapkan. Apalagi, pelaksanaan uji coba berada di tengah-tengah berjalannya kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia, yaitu Proliga 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.