Sukses

8 Besar Liga 2: Irfan Jaya Bawa Persebaya Tekuk PSIS

Persebaya Surabaya mengawali petualangan di 8 besar Liga 2 dengan raihan tiga poin.

Liputan6.com, Bandung - Persebaya Surabaya mengawali petualangan Grup Y 8 Besar Liga 2 2017 dengan hasil memuaskan. Melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Rabu (15/11/2017), Persebaya menang 1-0.

Pahlawan kemenangan Persebaya Surabaya di laga itu adalah Irfan Jaya. Tendangan melengkungnya mampu menghasilkan tiga poin buat tim besutan Angel Alfredo Vera tersebut.

Demi tiket semifinal, PSIS dan Persebaya langsung menerapkan skema permainan cepat sejak awal pertandingan. Bahkan, PSIS langsung mendapatkan peluang saat laga baru berjalan enam menit. Sayang, upaya Sholikul Islam belum membuahkan hasil.

Persebaya yang dipimpin Ricky Kayame juga beberapa kali mendapatkan peluang. Pada akhirnya, mereka mampu unggul 1-0 berkat aksi Irfan Jaya pada menit ke-17. Ia meneruskan tendangan bebas Rendy Irawan dengan sepakannya.

PSIS mencoba untuk menyamakan skor di sisa waktu. Salah satunya adalah lewat upaya Erik Dwi. Akan tetapi, hingga babak pertama berakhir, keunggulan 1-0 Persebaya tetap bertahan.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, tim Bajul Ijo nyaris menggandakan keunggulan. Lewat serangan balik cepat, Kayame melepaskan tendangan first time dari dalam kotak penalti usai menerima umpan tarik dari sisi kanan. Sayang, tendangannya masih melambung di atas mistar gawang PSIS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempuran PSIS

Pada menit ke-52, Persebaya kembali mendapatkan peluang. Irfan Jaya melepaskan tendangan bebas yang menembus pagar hidup PSIS. Namun, kiper PSIS, Aji Bayu masih sigap menghalau bola tendangan mendatar Irfan.

Tensi permainan kian memanas. Kontak fisik di antara kedua tim tak terhindarkan. Permainan cepat juga masih diperagakan kedua tim, khususnya PSIS yang ingin mencetak gol penyeimbang.

Karena sulit menembus lini belakang Persebaya, PSIS pun mulai mencoba skema tendangan dari luar kotak penalti. Salah satunya adalah yang dilakukan Melcior Majefat di menit ke-73.

Pada menit ke-77, Persebaya kembali nyaris menggandakan keunggulan. Lewat skema serangan balik, Oktavianus Fernando dalam posisi tepat untuk menerima umpan matang dari sisi kanan. Sialnya, sundulan Oktavianus tak mengarah ke gawang PSIS.

Pada menit ke-85, PSIS mendapatkan peluang emas. Lucunya, sepakan mendatar Aldair Makatindu masih bisa diamankan kiper Miswar Saputra. Padahal, Aldair sudah berhadapan satu lawan satu dengan Miswar. Pada akhirnya, keunggulan 1-0 Persebaya tetap bertahan hingga laga bubar.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

PSIS Semarang: Aji Bayu; Rio Saputro, Haudi Abdillah, Taufik Hidayat, Safrudin Tahar, Ahmad Agung, Ruud Gullid, Melcior Majefat, Erik Dwi Ermawansyah, Rifal Lastori, Sholikul Islam

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; M Irvan Febrianto, Fandry Imbiri, Andri Muladi, Abu Rizal, M Hidayat, Rendi Irawan, Kurniawan Karman; Rangga Muslim, Ricky Kayame, Irfan Jaya

(Dimas Angga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.