Pemain Timnas Italia Sempat Ribut dengan Ventura

Oleh Thomas pada 14 Nov 2017, 21:45 WIB
Giampiero Ventura

Liputan6.com, Roma- Timnas Italia harus menelan pil pahit gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Gli Azzurri disingkirkan Swedia di playoff kualifikasi zona Eropa pada Selasa (14/11/2017) dinihari WIB. 

Gianluigi Buffon dan kawan-kawan cuma mampu bermain imbang tanpa gol dengan Swedia di leg kedua. Hasil imbang di San Siro itu tidak mampu meloloskan Italia karena pada leg pertama kalah 0-1 dari Swedia di Solna.

Ini menjadi kali pertama Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia sejak 1958. Banyak yang menghujat pelatih Giampiero Ventura sebagai biang keladi kegagalan Italia.

Kegagalan Italia ini juga menimbulkan kabar tidak sedap. Sky Sport Italia melaporkan timnas Italia dilanda perpecahan sejak leg pertama di Solna.

Ventura kabarnya sempat bersitegang dengan para pemain timnas Italia usai kekalahan dari Swedia di leg pertama. Beberapa pemain Italia diklaim memprotes kebijakan Ventura.

1 of 3

Ancaman Ventura

Gian Piero Ventura
Giampiero Ventura (doc. FIGC)

Mereka mempertanyakan kebijakan Ventura di laga penting itu dalam hal sistem permainan dan pemilihan pemain.

Ventura marah besar. Eks pelatih Torino itu membentak pemain-pemain yang mempertanyakannnya. Ventura ketika itu juga mengancam akan mundur.

2 of 3

Tak Mau Turuti Pemain

Giampiero Ventura
Giampiero Ventura (AFP / MARCO BERTORELLO)

Intervensi dari pemain senior mampu meredakan suasana. Namun Ventura menjadi semakin bertekad untuk tetap melanjutkan pilihannya. Dia tidak mau tunduk pada tekanan para pemain.

Akibatnya Ventura melakukan kesalahan fatal. Di saat Italia butuh gol, dia malah mencadangkan pemain depan seperti Andrea Belotti, Stephen El Shaarawy dan Lorenzo Insigne.

Lanjutkan Membaca ↓