Cerita Keajaiban Marc Marquez pada Insiden di MotoGP Valencia

Oleh Andhika Putra pada 13 Nov 2017, 21:10 WIB
Marc Marquez

Valencia - Keberhasilan Marc Marquez menyelamatkan diri dari kemungkinan mengalami insiden fatal menjadi salah satu sorotan pada balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (13/11/2017).   

Marquez hampir terjatuh setelah berhasil menyalip Johann Zarco di tikungan ke-14. Pembalap asal Spanyol tersebut nyaris tergelincir dan melebar saat memasuki tikungan pertama pada lap ke-23.

Menurut data yang dilansir AS, Marquez melahap tikungan dengan sudut kemiringan 64 derajat dalam posisi gigi tiga dan kecepatan 160 km per jam. Secara hitung-hitungan, juara dunia enam kali tersebut seharusnya terjatuh jika tidak bertumpu pada bagian sikunya.

Ini bukan kali pertama Marquez selamat dari insiden serupa. The Baby Alien tercatat pernah tiga kali melakukan manuver dalam sudut kemiringan di atas 60 derajat.

Kali pertama Marquez melakukan manuver gila pada tes MotoGP 2014 di Brno. Rider berusia 24 tahun itu membelok dengan sudut kemiringan 68,5 derajat di Sirkuit Brno, Republik Ceska. Marquez bisa saja mendapat cedera cukup parah jika gagal membelok.

Pada MotoGP 2016 di sirkuit yang sama, Marquez juga melakukan hal serupa saat membelok dengan sudut kemiringan yang berbahaya. Namun, saat itu The Baby Alien hanya mampu mencapai sudut 67,5 derajat.

Sebelum MotoGP Valencia, Marc Marquez juga melakukan manuver gila pada balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/10/2017). Di Sepang, Marquez membelok dengan sudut kemiringan mencapai 62,7 derajat.