Timnas Italia di Ujung Tanduk

Oleh Thomas pada 11 Nov 2017, 17:30 WIB
FOTO: Kalah dari Swedia, Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia

Liputan6.com, Roma- Timnas Italia terancam tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Gli Azzurri harus berjuang lewat playoff setelah kalah bersaing dengan Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Celakanya Italia harus bertemu lawan relatif tangguh di playoff yakni Swedia. Italia tak berdaya pada leg pertama playoff. Pasukan Giampiero Ventura harus mengakui keunggulan Swedia 0-1, Sabtu (11/11/2017) dinihari WIB. 

Gol tunggal Swedia dicetak Jakob Johansson saat laga berjalan satu jam. Kiper Gianluigi Buffon terkecoh setelah sepakan Johnasson membentur salah seorang pemain Italia.

Hasil ini membuat Italia berada di ujung tanduk. Buffon cs harus bisa mengalahkan Swedia dengan selisih dua gol pada pertemuan kedua di kandang mereka pekan depan.

Meski berat, Ventura masih yakin bisa lolos ke Rusia. Ventura menilai Italia sudah bermain baik dan cuma tidak beruntung saja bisa kalah dari Swedia.

"Kami tidak layak kalah karena situasi yang telah terjadi di lapangan. Kami memiliki banyak peluang. Saya berharap banyak pada leg kedua di Milan nanti," kata Ventura.

1 of 3

Yakin Bangkit

Giampiero Ventura
Giampiero Ventura (AFP/Jack Guez)

"Sekarang kami hanya perlu mendapatkan hasil positif pada leg kedua. Kami akan berjuang mengubah keadaan. San Siro bisa membantu. Namun, kami harus membuat San Siro dalam jangkauan," ujar Ventura.

Italia memang tampil mendominasi pertandingan karena menguasai bola sebesar 64 persen, berbanding 36 persen milik Swedia. Statistik itu juga selaras ketika berbicara peluang mencetak gol.

Gianluigi Buffon dkk mengklaim 10 peluang, tetapi hanya satu yang mengarah ke gawang. Swedia menorehkan delapan kesempatan, dan satu di antaranya berbuah gol yang dicetak Johansson.

2 of 3

Keinginan Buffon

FOTO: Kalah dari Swedia, Italia Terancam Gagal ke Piala Dunia
Kiper Italia, Gianluigi Buffon, tampak kecewa usai dikalahkan Swedia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Friends Arena, Solna, Jumat (10/11/2017). Swedia menang 1-0 atas Italia. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Jika sampai gagal lolos ke Piala Dunia 2018, Italia akan menghadapi mimpi buruk. Kapten Italia Gianluigi Buffon meminta rekan-rekannya untuk bisa mengamankan tiket ke Rusia.

Buffon sangat ingin berlaga di Piala DUnia 2018 karena usai ajang empat tahunan itu dirinya berniat untuk pensiun.

"Saya pikir pemain seperti saya ini hidup untuk mencapai dan mewujudkan target paling penting, yang juga merupakan mimpinya anak-anak. Jadi selama dia tetap memberi saya antusiasme dan motivasi, saya akan terus melakukannya," ujar Buffon.

"Italia selalu tampil d Piala Dunia secara reguler. Jadi kami harus melakukan yang terbaik untuk memastikan kami dapat menjaga rekor tersebut," tegas Buffon.

Lanjutkan Membaca ↓