Sukses

Jalan Terjal Timnas Italia ke Piala Dunia 2018

Italia harus mengalahkan Swedia di babak play off untuk lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Liputan6.com, Roma - Perjuangan Timnas Italia untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia akan kembali dimulai. Skuat racikan Giampiero Ventura ini akan menghadapi Swedia dalam babak play off.

Swedia akan menjadi tuan rumah leg pertama babak play off kualifikasi Piala Dunia 2018. Laga ini bakal berlangsung di Friends Arena, Solna, Sabtu (11/11/2017) dini hari WIB. Tiga hari berselang, giliran Italia yang akan menjamu Swedia.

Bermain tandang, kekuatan Italia sedikit pincang. Setelah Andrea Belotti, kini giliran Simone Zaza dibekap cedera. Striker Valencia itu mengalami cedera lutut. Sejauh ini, Ventura belum menentukan siapa yang akan menjadi tandem Ciro Immobile.

Meski demikian, Ventura cukup percaya diri menghadapi laga ini. Strategi khusus pun sudah disiapkan untuk meladeni Swedia.

"Saya cukup tenang akan menjalani pertandingan penting nanti. Kami sudah berada di fase ini dan akan tahu hasilnya nanti," ucapnya.

Wajar jika Ventura yakin Italia akan melangkah ke Piala Dunia 2018. Apalagi jika menengok enam pertemuan terakhir melawan Swedia, Italia tidak pernah kalah. Di pertemuan terakhir Piala Eropa 2016 di Prancis, Italia menang 1-0 atas Swedia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langganan

Italia gagal otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 karena hanya menempati posisi kedua Grup G. Italia kalah bersaing dengan Spanyol.

Italia merupakan tim langganan Piala Dunia. Dari 20 kali perhelatan sejak 1930 lalu, Italia sudah tampil 18 kali. Meski dua kali absen, Gli Azzuri baru sekali gagal lolos kualifikasi, yakni pada 1958.

Sedangkan pada Piala Dunia 1930, Italia bukan absen karena gagal lolos. Akan tetapi, mereka tidak ikut serta karena proposal untuk menjadi tuan rumah ditolak FIFA.

"Italia selalu tampil d Piala Dunia secara reguler. Jadi kami harus melakukan yang terbaik untuk memastikan kami bisa menjaga rekor tersebut," ucap kiper Italia Gianluigi Buffon, yang membawa Italia juga Piala Dunia 2006.

Sebelumnya, Italia juga memenangkan Piala Dunia untuk edisi 1934, 1938, dan 1982.

3 dari 3 halaman

Play Off

Ini bukan kali pertama Italia harus melewati babak play off. Sebelumnya, mereka juga harus melalui fase tersebut untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 1998.

Saat itu, Italia mengalahkan Rusia dengan keunggulan agregat 2-1 gol. Pada leg pertama di Moscow, 29 Oktober 1997, Gli Azzuri bermain imbang 1-1. Italia unggul lebih dulu lewat Christian Viero di menit ke-49 sebelum dibalas Rusia melalui gol bunuh diri Fabio Cannavaro dua menit kemudian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.