Sukses

Timnas Basket Indonesia Berambisi Akhiri Dominasi Filipina

Timnas basket Indonesia mengincar medali emas pada SEA Games 2019 yang akan digelar di Filipina.

Jakarta - Pelatih anyar tim nasional (timnas) basket Indonesia, Fictor Roring, berambisi menyudaho dominasi Filipina di Asia Tenggara. Pelatih yang akrab disapa Ito tersebut berambisi mencuri medali emas SEA Games 2019 dari Filipina. 

Filipina merupakan raja basket Asia Tenggara yang belum mampu dikalahkan Indonesia. Tim Garuda selalu takluk saat berhadapan dengan Filipina baik di SEA Games maupun SEABA.

Terakhir, Indonesia hanya berhasil meraih medali perak setelah takluk 55-94 dari Filipina pada pertandingan final SEA Games 2017 di MABA Stadium, Kuala Lumpur, Sabtu (26/8/2017).

"Indonesia sebetulnya memiliki kesempatan besar menang atas Filipina pada ajang SEA Games. Biasanya Gilas Filipinas (julukan Timnas Filipina) hanya menurunkan tim junior mereka di ajang itu," ujar Ito kepada Bola.com, Jumat (10/11/2017).

"Meski hanya tim junior, levelnya tak bisa diremehkan karena ini Filipina. Namun, sudah saatnya Indonesia bangkit dan mempermalukan Filipina di hadapan penggemarnya," sambung direktur teknik Pelita Jaya tersebut.

Filipina merupakan negara tersukses pada cabang basket di SEA Games. Gilas Pilipinas selalu berhasil merebut medali emas sejak 1977 dan hanya sekali gagal pada 1989.

Adapun prestasi terbaik timnas basket Indonesia hanya meraih medali perak pada ajang SEA Games. Total Indonesia sudah meraih tujuh medali yang terdiri dari empat perak dan dua perunggu di SEA Games.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.