Sukses

Jeblok di Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-19 Tak Berkembang?

Timnas U-19 tidak berdaya ketika menghadapi Korea Selatan dan Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Kegagalan di Piala AFF 2017 di Myanmar tidak membuat Timnas Indonesia U-19 bangkit. Tim asuhan Indra Sjafri malah jeblok di kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju, Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 hanya menang atas tim yang di atas kertas bisa diatasi seperti Brunei Darussalam dan Timor Leste. Akan tetapi, ketika bertemu lawan seperti Korea Selatan dan Malaysia, tim berjulukan Garuda Nusantara tak berkutik.

Melawan Korsel, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kalah 4-0. Sementara ketika berhadapan dengan Malaysia, Timnas Indonesia U-19 juga takluk dengan skor mencolok 4-1.

Dengan dua kekalahan itu, Indonesia tidak dapat menempati posisi runner up Grup F, tetapi tetap lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2018, karena berstatus tuan rumah. Bayangkan jika bukan tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 harus absen di Piala Asia tahun depan.

Fakta ini membuat pandangan tim asuhan Indra Sjafri itu tidak kompetitif di turnamen tersebut. Apalagi lawan-lawan di Piala Asia bukan lagi Brunei Darussalam atau Timor Leste, tapi Jepang, Korsel, Australia, Arab Saudi, Iran, hingga Uzbekistan yang levelnya lebih tinggi.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal Buktikan Diri

Indra Sjafri tidak bisa membuktikan diri timnya pantas bermain di Piala Asia U-19 2018. Dengan serentetan hasil kurang mengesankan itu, sudah berkembang kah Garuda Nusantara di bawah asuhan Indra Sjafri?

Taktik yang diterapkan Indra Sjafri tidak dapat dijalankan maksimal oleh anak-anak asuhannya. Lini pertahanan sangat longgar dan kerap kewalahan menghadapi serangan balik lawan.

Lini depan Timnas Indonesia U-19 juga banyak mengandalkan kemampuan individu, khususnya Egy Maulana Vikri. Satu-satunya gol ke gawang Malaysia juga bukan hasil kerjasama tim.

3 dari 3 halaman

Pembenahan Besar-besaran

Padahal, Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani serangkaian uji coba, termasuk di Toulon Tournament, Prancis pada Juni 2017. Hingga selesai kualifikasi Piala Asia U-19, tidak tampak progres signifikan dari Garuda Nusantara bila dilihat dari hasil kontra tim-tim yang levelnya setara atau lebih tinggi.

Pencinta Timnas Indonesia U-19 tentu tidak ingin pasukan Indra Sjafri menjadi bulan-bulanan di Piala Asia U-19 2018. Pembenahan dan perombakan besar-besaran perlu dilakukan jika mereka ingin tampil sesuai ekspektasi banyak orang.

Masih ada waktu setahun untuk Indra Sjafri memperbaiki kekurangan tim besutannya. Apalagi masih ada promosi-degradasi pemain di skuat Timnas Indonesia U-19 sehingga Indra Sjafri masih punya waktu mendapatkan komposisi terbaik untuk timnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.