Sukses

4 Eksekutor Tendangan Bebas Terbaik di Serie A Musim Ini

Para pemain ini piawai memaksimalkan tendangan bebas.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya penyerang yang bisa membobol gawang lawan. Seorang kiper sekalipun juga bisa melakukannya.

Pada umumnya, seorang pemain biasanya mencetak gol dengan memanfaatkan umpan-umpan dari rekannya. Di lain kesempatan, mereka juga bisa menceploskan bola dengan aksi individu, entah itu menggiring bola dan melewati pengawalan pemain lawan, ataupun menembak dari jarak jauh.

Ada juga lewat eksekusi bola mati. Yang paling disukai para pemain tentu saja adalah penalti. Dalam jarak dekat, kesempatan mencetak gol menjadi sangat besar.

Selain penalti, alternatif lainnya adalah tendangan bebas. Hanya saja, tidak semua pemain memiliki kemampuan yang baik dalam urusan yang satu ini. Bahkan, bisa dibilang, sangat jarang.

Di Serie A, musim ini ada sejumlah pemain yang jago dalam mengeksekusi tendangan bebas. Kehebatan mereka sudah terbukti dalam beberapa pertandingan. Liputan6.com merangkum empat di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paulo Dybala

Paulo Dybala. (AP/Alberto Lancia)

Jika dulu Juventus punya Alessandro Del Piero, sekarang mereka punya Paulo Dybala. Tak sia-sia nomor punggung 10 diberikan kepada penyerang Argentina yang direkrut dari Palermo dua tahun silam itu. Selain semakin matang sebagai penyerang, Dybala juga memiliki kemampuan mengeksekusi tendangan bebas dengan baik.

Dari 13 gol yang sudah ia ciptakan di semua kompetisi musim ini, tiga di antaranya lahir lewat tendangan bebas. Yang pertama terjadi dalam partai final Piala Super Italia melawan Lazio, di mana Juventus kalah 2-3. Lalu yang kedua ketika bersua Sassuolo pada pekan keempat Serie A, di mana ia mencetak hattrick. Dan yang terakhir tercipta saat menghadapi SPAL di pekan ke-10.

Sejak bergabung dengan Juventus pada musim panas 2015, sudah delapan gol Dybala cetak lewat tendangan bebas. Secara keseluruhan, ia sudah mencetak sembilan gol lewat tendangan bebas.

3 dari 5 halaman

Miralem Pjanic

Tak cuma Dybala, Juventus juga masih memiliki Miralem Pjanic yang memiliki kemampuan mengeksekusi tendangan bebas di atas rata-rata. Bahkan, gelandang Bosnia-Herzegovina itu sudah dikenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas terbaik sejak masih membela AS Roma (2011-2016).

Miralem Pjanic. (AFP/Marco Bertorello)

Pjanic dan Dybala memang kerap bersaing dalam urusan yang satu ini, namun tetap akur berbagi kesempatan. Jika Dybala yang mengandalkan kaki kiri lebih sering mengambil tendangan bebas jarak dekat dan dari sebelah kanan, Pjanic, sebaliknya, biasanya mengeksekusi bola mati yang agak jauh dari gawang, atau ketika bola berada di sisi kiri.

Musim ini, Pjanic memang baru membuahkan satu gol lewat tendangan bebas. Namun jika dilihat dari kiprahnya di Serie A sejak masih membela AS Roma, total ia sudah mengemas 16 gol lewat tendangan bebas.

4 dari 5 halaman

Suso

Kemampuan bintang AC Milan, Suso dalam mengeksekusi tendangan bebas semakin meyakinkan dari hari ke hari. Musim ini, dari lima gol yang sudah ia ciptakan, satu di antaranya lahir lewat bola mati.

Gol itu lahir saat AC Milan menghadapi Cagliari di San Siro, pada pekan kedua Serie A, 28 Agustus lalu. Waktu itu skor masih 1-1 dan AC Milan mengalami kebuntuan. Hingga akhirnya, tendangan bebas Suso mengantarkan I Rossoneri menang 2-1.

Suso. (AFP/Giuseppe Cacace)

Musim lalu, Suso juga mencetak satu gol lewat tendangan bebas saat menghadapi Palermo di pekan ke-31 Serie A. AC Milan menang 4-0 dalam pertandingan itu.

Selama ini, Suso memang belum dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas yang handal. Namun dalam sesi latihan, ia agaknya terus belajar meningkatkan kemampuannya.

Sejauh ini, pemain Timnas Spanyol itu sudah mampu mengalahkan Hakan Calhanoglu, yang dikenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas terbaik di dunia saat ini. Oleh pelatih Vincenzo Montella, ia lebih diutamakan.

5 dari 5 halaman

Aleksandar Kolarov

Urusan mengambil tendangan bebas memang tak selamanya menjadi milik gelandang serang atau penyerang. Bek pun bisa melakukannya. Contohnya adalah Aleksandar Kolarov. Ya, Kolarov memang dikenal memiliki teknik dan skil yang tinggi, termasuk dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Tuah itu pun dirasakan AS Roma musim ini. Bermodal 5 juta euro saat merekrutnya dari Manchester City musim panas lalu, I Giallorossi beruntung memiliki Kolarov. Terbukti, beberapa kali bek Serbia itu menjadi penentu kemenangan bagi mereka, berkat kemampuannya mengambil tendangan bebas.

Yang pertama langsung mereka rasakan di pekan pertama Serie A saat bertandang ke markas Atalata. Gol semata wayang AS Roma lahir lewat free-kick yang dieksekusi oleh Kolarov. Lalu yang kedua, ketika menghadapi Torino di pekan ke-9. Lagi-lagi bek kiri berusia 31 tahun itu menjadi penentu kemenangan, lewat gol tunggalnya yang lahir lewat tendangan bebas.

Kemampuan Kolarov ini memang bukan hal yang baru. Dari sejak membela Lazio (2007-2011) pun ia sudah mahir dalam mengambil tendangan bebas. Selama di Manchester City, sembilan gol ia ciptakan lewat tendangan bebas. (Abul Muamar)

Aleksandar Kolarov. (AFP/Marco Bertorello)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini