Sukses

Pemegang Hak Siar Piala Dunia 2018 Segera Diumumkan

Piala Dunia 2018 digelar mulai 14 Juni-15 Juli 2018.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2018 tinggal menghitung bulan saja. Jutaan pasang mata pencinta sepak bola di Indonesia pun bisa menyaksikan aksi dari berbagai tim di ajang ini lewat banyak kemudahan.

Jelang bergulirnya Piala Dunia 2018 di Rusia, perusahaan manajemen olahraga PT Futbal Momentum Asia (FMA) mengumumkan hak ekslusif mereka untuk memberikan lisensi penyiaran kepada media di Tanah Air.

FMA akan menjalin kerja sama dengan beberapa stasiun televisi hingga multi-platform media untuk penayangan turnamen milik FIFA di tahun 2018 seperti: Piala Dunia, Piala Dunia Putri U-17, dan Piala Dunia Putri U-20.

"Kami akan mengumumkan sebelum 1 Desember siapa pemegang hak siarnya. Saat ini kami sedang melakukan finalisasi kesepakatan karena persyaratan untuk mendapat hak lisensi partner media dan broadcaster (penyiar) sangat ketat," tutur Pongky Rivawanto sekalu Senior Business Development Manager Glomentum, anak perusahaan FMA, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Pongky menegaskan, FIFA memantau ketat aktivitas penyiaran selama Piala Dunia 2018 berlangsung pada 14 Juni sampai 15 Juli 2018. Mulai dari penayangan di stasiun televisi, live streaming, distribusi tayangan, sampai acara nonton bareng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belajar dari Pengalaman

Berkaca dari Piala Dunia di beberapa edisi sebelumnya, FMA akan berkoordinasi dengan penegak hukum terhadap berbagai pelanggaran di atas. Pongky beralasan pihaknya ingin menjaga komitmen dengan media atau mitra yang mendapat lisensi.

"Masyarakat juga akan tahu siapa yang resmi atau ilegal nantinya. Sesuai regulasi FIFA, media yang akan mendapat lisensi ini adalah yang punya daya jangkau 80 persen wilayah di negara tersebut," kata Yongky.

"News and highlight (berita dan cuplikan) pertandingan bahkan sekarang diatur FIFA soal lisensinya. Terutama dalam bentuk gambar atau video, tidak boleh ada yang mengedit," tuturnya. (Risa Kosasih)

3 dari 3 halaman

Jadwal Playoff Piala Dunia 2018

Irlandia Utara vs Swiss

Kroasia vs Yunani

Denmark vs Republik Irlandia

Swedia vs Italia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.