Sukses

PSSI Pastikan Jadwal Timnas Indonesia di Uji Coba Internasional

Kinerja Timnas Indonesia pada laga itu tetap masuk perhitungan poin FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria memastikan tiga laga uji coba Timnas Indonesia pada bulan ini. Skuat Garuda dari level U-23 dan senior akan meladeni Suriah dan Guyana untuk menambah poin penghitungan di peringkat FIFA.

Timnas Suriah U-23 datang untuk meladeni Indonesia dua kali, yakni timnas U-22, Kamis (16/11/2017), dan timnas senior, Sabtu (18/11/2017). Sementara negara berperingkat 165, Guyana, menantang timnas senior, Sabtu (25/11/2017).

Agenda skuat Garuda mulai pekan depan tidak masuk dalam kalender uji coba resmi bertajuk FIFA Matchday. Namun, Ratu Tisha menegaskan hasil seluruh pertandingan tersebut nanti tetap berpengaruh terhadap perhitungan poin Indonesia di FIFA.

"Yang namanya periode FIFA Matchday itu merupakan implementasi atas kebijakan FIFA yang mewajibkan klub melepas pemain dengan adanya jaminan insurance dan sebagainya. Namun, jika partai didaftarkan di luar kalendar FIFA Matchday, itu masih bisa dikategorikan sebagai FIFA 'A' Match," tutur Tisha di Makostrad, Selasa (31/10/2017).

Ada tiga stadion yang berpeluang menggelar uji coba internasional Timnas Indonesia. Namun, PSSI masih melakukan verifikasi kalayakan untuk ketiganya, yakni Stadion Wibawa Mukti, Patriot Candrabhaga, dan Stadion Pakansari.

"Kebijakan FIFA (atas FIFA Matchday) di atas tidak berlaku lagi. Karena kami sama-sama menghormati jadwal liga yang ketat, maka kami selesaikan dulu jadwal liga pada November. Maka itu, PSSI akan mengadakan pertandingan pada 16, 18, dan 25 (November)," kata Tisha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.