Sukses

Kualifikasi Piala Asia 2018: Pembuktian Kualitas Timnas U-19

Timnas U-19 hanya menempati posisi ketiga Piala Asia U-18.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas U-19 akan menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2017 pekan depan. Kompetisi ini sangat penting untuk menghadapi pertarungan sesungguhnya tahun depan.

Sebenarnya timnas U-19 tidak punya target apapun untuk ajang ini. Pasalnya, Garuda Nusantara akan menjadi tuan rumah untuk putaran final tahun depan.

Sehingga apapun hasilnya, timnas U-19 akan tetap lolos ke putaran final. Namun pelatih Indra Sjafri bertekad akan membawa timnya untuk tampil serius di ajang ini.

Terlebih timnas U-19 akan tergabung dengan lawan-lawan yang berkualitas di Grup F. Yakni Brunei, Timor Leste, Malaysia, dan tuan rumah Korea Selatan.

"Kami sudah pelajari Korsel dan empat tim yang ada. Belum dihadapi, jadi kami tak tahu apakah itu sulit atau tidak. Yang jelas saya akan tekankan kepada semua pemain, apa pun tim (yang dihadapi) akan bermanfaat buat perkembangan dia," ujar Indra.

Bahkan persiapan khusus dilakukan jelang keberangkatan ke Korea Selatan. Timnas U-19 berlatih di Lembang yang punya cuaca mirip dengan Negeri Gingseng tersebut.

"Latihan di sini di Lembang, pertama sebagai aklimatisasi cuaca di Korsel yang sama dingin. Yang kedua kami fokus ke taktikal dan situasi pertandingan," ujar Indra.

"Kami ingin memberikan pengalaman bertanding kepada mereka (pemain timnas) sehingga dari event ke event dapat pengalaman yang berharga untuk kualitas mereka ke depan."

Meski demikian ia juga tak ingin Egy Maulana dan kawan-kawan tertekan menghadapi tantangan kali ini. Ia justru ingin anak asuhnya tampil lepas dan mengejutkan lawan.

"Jangan main target-target terus, target saya membangun tim ini dan juga menyiapkan generasi generasi penerus, itu jauh yang lebih penting," kata Indra.

"Tapi bagaimana tim tertata rapih dengan beberapa pemain dan bisa jadi pemain senior yang lebih baik."

Melawat ke Korsel, timnas beranggotakan 24 pemain. Termasuk Egy Maulana yang disebut-sebut sebagai talenta muda terbaik saat ini.

"Pasti kiami tidak mau main-main di Kualifikasi Piala Asia U-19. Kami juga ingin menampilkan yang terbaik untuk bisa memenangkan pertandingan. Memang tidak mudah, tapi itu harus dengan kerja keras dan teman-teman sudah siap semua," kata Egy.

Bagi timnas U-19 tampil bagus di Kualifikasi Piala Asia adalah pembuktian kualitas. Pasalnya di ajang Piala Asia U-18 mereka hanya finis di posisi ketiga meski tampil bagus sepanjang turnamen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.