Sukses

Resmi Jadi Rookie of the Year MotoGP 2017, Ini Kata Zarco

Target Zarco kini mengamankan posisi keenam klasemen MotoGP 2017.

Liputan6.com, Phillip Island - Tercapai sudah target Johann Zarco di MotoGP 2017. Pembalap Yamaha Tech 3 itu baru saja dinobatkan sebagai Rookie of the Year usai balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017).

Zarco adalah salah satu pembalap yang tampil memukau pada MotoGP Australia. Ia terlibat aksi salip-menyalip dengan tujuh pembalap yang memperebutkan podium. Meski terkesan agresif dan berbahaya, aksi Zarco tetap layak diacungi jempol.

Pada akhirnya, pembalap asal Prancis itu memang gagal merebut podium. Ia kalah cepat dari Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha, yang mengamankan podium ketiga. Namun, ia hanya terpaut 1,842 detik dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang merebut podium juara.

Dengan tambahan 13 poin, Zarco pun resmi didaulat sebagai Rookie of the Year MotoGP 2017 atau penghargaan untuk pendatang baru terbaik. Saat ini, ia menempati urutan keenam klasemen dengan koleksi 138 poin.

"Sangat bagus untuk mencapai tujuan ini. Pada 2017, banyak pembalap kuat dari Moto2 seperti rekan setim saya Jonas (Folger), Alex Rins, dan Sam Lowes. Tujuan utama saya adalah gelar ini dan saya bisa memastikannya," kata Zarco, dikutip Speedweek.

Sebagai debutan, penampilan Zarco di MotoGP 2017 memang sangat mengejutkan. Tujuh kali finis di lima besar adalah sebuah pencapaian luar biasa. Dan hal itu ia lakukan bersama tim satelit seperti Yamaha Tech 3.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Zarco Selanjutnya

Debutan lain yang mampu mendekatinya adalah Folger yang kini terpaut 54 poin dari Zarco saat musim hanya menyisakan dua pembalap. "Tak mudah melakukannya karena Jonas sangat kuat. Tapi saya lebih konstan, itu sangat membantu saya mendapatkan lebih banyak poin," tegas Zarco.

Kini, target pembalap 26 tahun itu adalah mengamankan urutan keenam klasemen hingga akhir musim. Peluangnya terbilang besar, mengingat ia hanya harus fokus pada pertarungan dengan pembalap Ducati, Jorge Lorenzo dan pembalap Pramac Racing, Danilo Petrucci.

"Sekarang saya harus mengamankan peringkat keenam kejuaraan. Itu akan sangat hebat, bahkan lebih dari penghargaan Rookie of the Year," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.