Sukses

Gala Desa Kabupaten Sintang Medium Cetak Atlet Nasional

Gala Desa Kabupaten Sintang juga dijadikan persiapan untuk porprov Kalimantan Barat.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap Kabupaten Sintang bisa melahirkan atlet-atlet nasional melalui ajang Gala Desa 2017 yang pelaksanaannya dimulai pada Sabtu (21/10/2017).

Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON), Edi Nurinda Susila berharap lahirnya atlet-atlet yang mengharumkan nama Sintang pada khususnya dan Indonesia.

Penyelenggaraan Gala Desa di Sintang juga menjadi kesempatan bagus bagi pemerintah daerah setempat untuk mempersiapkan diri jelang menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat 2018.

"Pada tahun 2018, Indonesia pun akan menggelar Asian Games. Ini tentu menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional," katanya seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Adapun Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang akan mempertandingan enam cabang olahraga yaitu sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan atletik.

Dari total 391 desa yang ada di kabupaten itu, ada setidak-tidaknya 41 desa yang akan berpartisipasi di Gala Desa, termasuk para pelajar.

Pembukaan Gala Desa di Kabupaten Sintang sendiri berjalan dengan meriah. Berlangsung di Lapangan Kantor Kecamatan Kelam Permai, Desa Kebong, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Acara ini menampilkan berbagai pertunjukan yang dilakoni oleh masyarakat setempat.

 Acara kemudian ditutup dengan penekanan sirene oleh perwakilan Kemenpora bersama pejabat pemerintah daerah setempat sebagai tanda dimulainya Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang dan akan ditutup pada tanggal 12 November 2017.

Sementara itu, atlet bola voli ajang Gala Desa 2017 di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, bermimpi bisa menjadi atlet profesional dan tampil di kompetisi bola voli Indonesia, Proliga.

"Saya adalah penggemar Jakarta Elektric PLN karena itu saya berharap bisa tampil di Proliga,"ujar salah satu atlet voli Gala Desa Sintang, Risky Firmansyah.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.