Sukses

5 Fakta Menarik MotoGP Australia

Marc Marquez punya catatan baik saat tampil di MotoGP Australia.

Liputan6.com, Phillip Island - MotoGP Australia tengah bergulir hingga Minggu (22/10/2017). Sirkuit Phillip Island, bakal jadi arena pertarungan pembalap-pembalap dari berbagai tim pada akhir pekan ini. 

Selama enam musim terakhir hanya dua produsen yang mampu menguasai Sirkuit Phillip Island, yakni Yamaha dan Honda. Dua Pabrikan asal Jepang itu saling bergantian mengirimkan pembalapnya di podium pertama MotoGP Australia. Dominasi itu kemungkinan masih terjadi akhir pekan ini mengingat Marc Marquez cukup menjanjikan. 

Seperti diketahui, Marquez langsung menggebrak di sesi latihan pertama yang berlangsung, Jumat (20/10/2017). Dia keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1'29.602. Sementara itu, pada latihan bebas kedua, Marquez berada di urutan kedua. Baby Alien kalah cepat 0.005 detik dari pembalap Aprilia, Aleix Espargaro yang mengemas waktu 1'29.225.

Apalagi Marquez dikenal punya karakteristik yang cocok dengan gaya balapnya di Sirkuit Phillip Island. Namun, sekarang peta persaingan sedikit berubah sejak Andrea Dovizioso tampil kompetitif di musim ini.

Dalam dua kesempatan, Dovizioso berhasil memenangkan pertarungan melawan Marquez, yakni di Austria dan Jepang. Keberhasilan itulah yang membuatnya berhasil memangkas perolehan poin dengan pimpinan klasemen menjadi 11 angka.

Kendati demikian, kedua pembalap itu tidak bisa mencoret pembalap lain. Pasalnya, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, Valentino Rossi, dan bahkan Jorge Lorenzo bisa saja menghancurkan rencana Marquez dan Dovizioso.

Sebelum terlalu jauh membahas mengenai persaingan antar pembalap. Tak ada salahnya untuk mengintip apa saja fakta menarik pada balapan di Grand Prix Australia.

(David Permana)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Fakta Menarik MotoGP Australia

5 Fakta Menarik MotoGP Australia versi situs resmi MotoGP

1. Tim Honda merupakan pabrikan tersukses di Phillip Island pada era MotoGP dengan tujuh kemenangan, termasuk dalam dua tahun terakhir.

2. Yamaha sudah empat kali menang di Phillip Island pada era MotoGP. Valentino Rossi paling banyak menyumbangkan kemenangan di lintasan sepanjang 4,4 km dengan tiga kali naik podium, sedangkan satu kemenangan lainnya dicetak Jorge Lorenzo.

3. Tim Ducati pernah mendominasi balapan di Australia dalam empat musim berturut-turut (2007-2010) melalui aksi pembalapnya Casey Stoner. Namun sejak itu, belum ada lagi pembalap Pabrikan Italia yang berdiri gagah di podium pertama

4. Ada empat pembalap aktif musim ini yang sukses meraih pole position pada balapan MotoGP Australia. Adalah Valentino Rossi (2003), Dani Pedrosa (2007), Jorge Lorenzo (2013), dan Marc Marquez pada tiga tahun terakhir.

5. Saat ini Valentino Rossi merupakan satui-satunya pembalap yang paling banyak mengoleksi kemenangan di Phillip Island dengan 8 kemenangan (2x 250cc, 1x 500cc, dan 5x MotoGP). Kemenangan terakhirnya terjadi pada 2014.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.