Sukses

8 Fakta Liga Champions: Liverpool dan Messi Cetak Sejarah

Liverpool menjadi tim pertama di Liga Champions yang meraih kemenangan besar di kandang lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions matchday ketiga sudah selesai digulirkan. Liverpool dan bintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak sejarah baru di Liga Champions.

Pada matchday ketiga Grup H Liga Champions di Santiago Bernabeu, Real Madrid tertinggal lebih dulu dari Tottenham. Tim tamu mencuri angka lewat gol bunuh diri Raphael Varane di menit ke-28.

Tuan rumah baru bisa menyamakan skor di menit ke-43. Penalti Cristiano Ronaldo gagal dimentahkan kiper Hugo Lloris. Meski banyak menciptakan peluang, pertarungan kedua tim tetap diakhiri dengan skor 1-1.

Sementara di Grup A, Manchester United (MU) berhasil meraup poin sempurna di kandang Benfica, Rabu (18/10/2017) atau Kamis dini hari WIB. MU menang 1-0.

Meski berbau keberuntungan, MU mencetak gol kemenangan pada menit ke-64. Bola hasil tendangan bebas Marcus Rashford dari sisi kanan pertahanan Benfica berhasil ditangkap Mile Silvar. Namun, kiper Benfica itu menangkap bola di belakang garis gawang.

Dua hari berlangsung, Liga Champions menelurkan banyak fakta menarik. Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti 2 Gol Hazard dan Cavani

Eden Hazard Cemerlang

Chelsea bermain imbang 3-3 melawan AS Roma di Stamford Bridge, London, Rabu (18/10/2017) atau Kamis dini hari WIB di Grup C. Meski imbang, pemain Chelsea, Eden Hazard, tampil cemerlang.

Pemain timnas Belgia itu mencetak dua gol ke gawang AS Roma. Dua gol itu lebih banyak dari 14 pertandingan terakhir Hazard bersama Chelsea. Selama 14 laga terakhir, Hazard hanya mencetak satu gol.

Cavani Samai Ronaldo

Paris Saint-Germain (PSG) membantai Anderlecht di Stade Constant Vanden Stock dengan skor 4-0. Empat gol PSG dicetak Kylian Mbappe, Edinson Cavani, Neymar, dan Angel Di Maria.

Khusus untuk Cavani, dia selalu berhasil mencetak gol dalam tujuh pertandingan Liga Champions secara berturut-turut. Dia menyamai dua pemain sebelumnya, Ruud van Nistelrooy dan Cristiano Ronaldo.

3 dari 5 halaman

Sejarah Messi dan Catatan Buruk Bek Barcelona

Messi Cetak Sejarah

Lionel Messi tampil cemerlang saat Barcelona menaklukkan Olympiakos dengan skor 3-1, tadi malam. Dia mencetak satu gol dan menyumbang satu assist.

Satu golnya itu masuk dalam sejarah Liga Champions. Sejauh ini, pemain asal Argentina itu sudah mencetak 100 gol di kompetisi Eropa. Rinciannya, 97 gol di Liga Champions dan tiga gol di UEFA Super Cup.

Kartu Merah Pertama Pique

Selain kecemerlangan Messi, catatan buruk ditorehkan bek Barcelona, Gerard Pique. Untuk pertama kalinya, dari 92 penampilan di Liga Champions, Pique mendapat kartu merah.

Dalam laga itu, Pique mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan handball pada menit ke-42. Sebelumnya, Pique sudah mendapat kartu kuning setelah melanggar Vadis Odjidja-Ofoe pada menit ke-11.

4 dari 5 halaman

Liverpool Cetak Rekor Baru di Liga Champions

Liverpool Cetak Sejarah

Liverpool meraih kemenangan mengesankan di markas Maribor, Ljudski vrt. Tim besutan Jurgen Klopp itu menang 7-0 berkat gol Roberto Firmino di menit ke-4 dan 54, Philippe Coutinho ke-13, Mohamed Salah ke-19 dan 39, Alex Oxlade-Chamberlain ke-86, serta Trent Alexander-Arnold ke-90.

Kemenangan 7-0 The Reds itu masuk buku sejarah Liga Champions. Mereka menjadi tim pertama yang berhasil meraih kemenangan besar di kandang lawan sepanjang sejarah Liga Champions.

Kiper Termuda

Mile Svilar menjadi kiper termuda yang pernah bermain di Liga Champions. Kiper Benfica itu tampil menghadapi MU pada matchday ketiga Liga Champions, dini hari tadi.

Saat bermain, usianya masih 18 tahun dan 52 hari. Performanya sangat cemerlang dengan menggagalkan sejumlah peluang milik MU. Namun dia menciptakan satu kesalahan yang berbuah gol untuk MU. Dia menangkap bola hasil tembakan Marcus Rashford di dalam garis gawang.

5 dari 5 halaman

Anggota Baru Klub 100

Robben Masuk Klub 100

Winger Bayern Munchen, Arjen Robben tampil selama 90 menit saat timnya menang 3-0 atas Celtic di Allianz Arena. Penampilannya itu membuat Robben bergabung dengan klub 100 Liga Champions.

Dia baru saja mencatatkan penampilan ke-100 di Liga Champions. Robben menjadi pemain kedua Belanda yang paling banyak bermain di Liga Champions. Dia masih kalah dari seniornya, Clarence Seedorf yang mencatatkan 125 penampilan.

Ronaldo Kalah dari Messi

Cristiano Ronaldo menyelamatkan Real Madrid dari kekalahan saat menjamu Tottenham Hotspur, kemarin. Dia mencetak gol dari titik penalti.

Gol itu membuatnya telah membukukan 10 gol dari 13 pertandingan Liga Champions melawan tim asal Inggris. Ronaldo masih kalah dari Messi yang mencetak 17 gol melawan tim asal Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions