Sukses

Gala Desa Lampung Utara Jadi Persiapan Porprov

Gala Desa Lampung Utara digelar di enam kecamatan.

Liputan6.com, Jakarta - Lampung Utara menggelar Gala Desa yang berlangsung pada 15 Oktober sampai 21 Oktober. Salah satu program unggulan Kemenpora ini dijadikan Lampung Utara untuk persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada November mendatang.

Menurut Kadispora Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar, pihaknya ingin mengejar prestasi bagus di porprov yang akan diikuti 16 kabupaten/ kota di provinsi Lampung.

Desa Papan Asri, Kecamatan Abung Semuli, menjadi lokasi Kick-off dari perhelatan yang memiliki tajuk "Dari Desa Menuju Pentas Dunia" itu.

Pembukaan Gala Desa edisi Lampung Utara ini dilakukan oleh Kadispora Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar SsTP. MH, serta dihadiri oleh Kepala Bidang Prasarana & Sarana Indonesia Tengah dari Asdep Standardisasi dan Infrasutruktur, Pemuda Nurhairiah, Kepala PMD Kabupaten, Wahab , serta tokoh masyarakat lainnya.

Perhelatan ini akan berlangsung di enam kecamatan seperti Abung Simuli, Kotabumi Selatan, Sungkai Selatan, Bukit Kemuning, Sungkai Tengah dan Kotabumi Utara.

"Kabupaten Lampung Utara yang memiliki 23 Kecamatan, dan Gala Desa 2017 ini diadakan di 6 kecamatan. Artinya 17 kecamatan lain yang ada di kabupaten Lampung Utara ini ikut merasakan dampaknya. Jadi bukan hanya kecamatan yang menjadi tuan rumah yang merasakan dampak dari geliat kegiatan olahraga ini," ujarnya.

Gala Desa 2017 itu sendiri merupakan sebuah implementasi gerakan "Ayo Olahraga" guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat Desa/Kelurahan dengan harapan terciptanya budaya olahraga di masyarakat pedesaan/kelurahan dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani.

Dengan harapan munculnya masyarakat berpotensi olahraga serta memiliki karakter yang kuat. Pertandingan olahraga Gala Desa 2017 di Kabupaten Lampung Utara akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

"Ini merupakan sebuah kebanggan bagi kita bahwa piala dan piagam ini langsung dari Menteri Pemuda dan Olahraga bukan dari pemerintah daerah," ucap Ilham.

 Acara pembukaan Gala Desa 2017 dimulai dengan aksi Drum Band dan selanjutnya penampilan tarian daerah yaitu Tari Siger Pupunguten. Kemudian para hadirin serta kontingen dari 6 kecamatan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.