Messi Penyelamat Argentina

Oleh Bogi Triyadi pada 11 Okt 2017, 17:45 WIB
Ekuador vs Argentina

Liputan6.com, Quito - Lionel Messi membawa Argentina lolos dari lubang jarum. Tim Tango maju ke putaran final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Ekuador 3-1 pada laga pamungkas kualifikasi.

Dalam laga yang digelar di Estadio Olímpico Atahualpa, Quito, Rabu (11/10/2017) pagi WIB, ketiga gol Argentina diborong oleh Messi. Sebelumnya, skuat racikan Jorge Sampaoli ini sempat dikejutkan dengan gol cepat Ekuador di menit ke-1 lewat Romario Barra.

Menghadapi Ekuador merupakan laga hidup mati bagi Argentina. Pasalnya, Argentina harus menang untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Tapi, lolos tidaknya dua kali juara dunia ini ke Rusia masih tergantung hasil laga lainnya, yaitu Brasil melawan Chile dan Peru kontra Kolombia.

Lionel Messi mencetak hattrick saat Argentina menang 3-1 atas Ekuador pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Estadio Olímpico Atahualpa, Rabu (11/10/2017). Hasil itu membawa Argentina lolos ke Piala Dunia 2018. (AP Photo/Fernando Vergara)

Sebelum laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol, Argentina masih di peringkat enam klasemen dengan 25 poin. Argentina tertinggal satu poin dari Chile dan Kolombia yang ada di peringkat ketiga serta empat. Sedangkan dengan Peru, yang ada di zona playoff, Argentina memiliki poin sama tapi kalah produktivitas.

Terperosoknya Argentina ke posisi enam klasemen disebabkan hasil imbang di tiga laga sebelumnya. Argentina ditahan imbang Uruguay 0-0 dan berbagi gol 1-1 dengan Venezuela. Selanjutnya, giliran Peru yang menahan imbang Argentina tanpa gol. Hasil itu yang membuat Argentina berada di ujung tanduk.

Namun, Sampaoli optimistis Argentina akan lolos ke Piala Dunia 2018. Apalagi, dia memiliki Messi di dalam timnya. Dan Messi membuktikan dengan tiga golnya sukses membawa negaranya lolos ke kompetisi sepak bola akbar empat tahunan itu. Apalagi, pada lainnya Chile kalah 0-3 dari Brasil. Sementara Peru ditahan imbang Kolombia.

Para pemain Argentina merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Ekuador di Stadion Olimpico Atahualpa, Quito, Selasa (10/10/2017). Sempat tertinggal, Argentina akhirnya menang 3-1 atas Ekuador. (AFP/Javier Cazar)

Hasil itu menempatkan Argentina di peringkat tiga klasemen dengan 28 poin dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2018. Argentina mendampingi Brasil, Uruguay, dan Kolombia ke Rusia.

"Sepak bola berutang Piala Dunia kepada Messi," kata Sampaoli usai pertandingan kontra Ekuador.

"Saya mengatakan kepada tim: Messi tidak berutang Piala Dunia kepada Argentina, namun sepak bola berutang Piala Dunia kepada Messi. Kami harus membantunya berada di Piala Dunia yang baru, saya sangat bersemangat untuk berada dalam kelompok di dekatnya."

Bintang Argentina, Lionel Messi, merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Ekuador di Stadion Olimpico Atahualpa, Quito, Selasa (10/10/2017). Sempat tertinggal, Argentina akhirnya menang 3-1 atas Ekuador. (AFP/Juan Ruiz)

Lolosnya Argentina ke Piala Dunia 2018 membuat Messi lega. "Akan menjadi Piala Dunia yang gila kalau tak ada Argentina, tim ini tidak pantas mendapatkan itu (kegagalan ke Piala Dunia). Tim ini akan berubah, akan banyak berkembang, dan akan terus bertambah kuat," ucap Messi seperti dilansir ESPNFC.

"Beruntung segalanya berjalan baik dan kami maju ke Piala Dunia. Kami tenang kini setelah mencapai target utama, itu yang paling penting. Selama ini kami jauh dari media dan suporter membuat kami lebih dekat lagi."

Saksikan video pilihan berikut ini: