8 Fakta Menarik Usai Messi Bawa Argentina ke Piala Dunia 2018

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 11 Okt 2017, 10:00 WIB
Lionel Messi

Liputan6.com, Jakarta Argentina memetik kemenangan 3-1 atas Ekuador pada pertandingan terakhir kualifikasi zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Athahualpa, Ekuador, Rabu pagi WIB (11/10/2017). Dengan hasil ini Argentina merebut tiket lolos langsung ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Argentina memastikan lolos setelah menempati posisi ke tiga dengan 28 poin di bawah Brasil dan Uruguay.

Laga ini menjadi panggung bagi kapten Argentina Lionel Messi yang mengamuk dengan menyarangkan hattrick ke gawang Ekuador, setelah Albiceleste hanya meraih tiga hasil imbang dan satu kekalahan dalam empat laga kualifikasi sebelumnya.

Argentina sempat terancam tidak lolos karena terlempar dari lima besar. Karenanya kemenangan jadi lagu wajib bagi Argentina dalam duel ini. Sebab, hasil imbang, apalagi kalah, justru membuat langkah Lionel Messi dan kawan-kawan menuju Rusia jauh lebih suram.

Namun menang saja juga bukan jaminan. Sebab Argentina, masih bergantung dengan hasil laga lainnya. Bila ingin segera menggenggam tiket putaran final, Argentina harus merebut tiga poin lawan Ekuador dan Peru serta Chile memperoleh hasil buruk di laga terakhirnya.

Berikut fakta menarik Argentina dan Messi usai lolos ke Piala Dunia 2018.

1 of 2

Fakta Menarik

Ekuador vs Argentina
Lionel Messi mencetak hattrick untuk membawa Argentina menang 3-1 atas Ekuador dalam laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2018 di Estadio Olímpico Atahualpa, Rabu (11/10/2017). Argentina lolos ke Piala Dunia 2018. (AP Photo/Fernando Vergara)

- Argentina lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 setelah finis sebagai peringkat tiga babak kualifikasi Zona CONMEBOL

- Sebelum duel penting ini, Argentina sempat terancam tidak lolos karena terlempar dari lima besar

- Argentina terakhir kali tak tampil pada Piala Dunia 1970.

- Prestasi tertinggi pernah diraih Argentina di dua kali penyelenggaraan Piala Dunia. Mereka pernah jadi juara Piala Dunia pada 1978 dan 1986

- Messi menjadi pemain pertama yang mencetak 20 gol dalam kualifikasi CONMEBOL.

- Messi sebelumnya sudah mengoleksi 36 gol dalam 76 penampilan bersama timnas Argentina. Messi memberi Argentina 49 kemenangan, 14 seri dan 13 kekalahan.

- Pada level putaran final Piala Dunia, Messi "baru" tampil dalam 15 pertandingan.

- Koleksi gol Messi tergolong minim baru mencetak 5 gol pada Piala Dunia 2006, 2010, dan 2014.

Lanjutkan Membaca ↓