Sukses

Bungkam Thailand, Identitas Timnas Indonesia U-19 Kembali

Timnas Indonesia U-19 sempat bertemu Thailand di semifinal Piala AFF U-18 2017.

Liputan6.com, Cikarang - Timnas Indonesia U-19 menunjukkan kualitasnya ketika menjajal kekuatan Thailand pada uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017). Permainan impresif membawa mereka menang 3-0.

Ketika tampil di Piala AFF U-18 2017, masyarakat terpukau dengan permainan timnas Indonesia U-19. Meski gagal merebut gelar juara, raihan peringkat ketiga membuat publik tetap bangga dengan tim besutan Indra Sjafri itu.

Salah satu alasannya adalah karena skuat Garuda Nusantara mampu menjadi tim paling produktif di ajang tersebut. Total mereka sukses melesakkan 26 gol hanya dalam enam pertandingan. Namun, menurut Indra Sjafri, timnas U-19 tak bermain dengan identitas dalam beberapa laga itu.

Penilaian berbeda diberikan untuk penampilan timnas Indonesia U-19 melawan Thailand. Permainan timnas U-19 disebut telah kembali kepada identitas mereka. Selain menguasai bola, mereka juga berulang kali mengancam gawang Thailand.

"Sekarang lebih rapi. Beberapa laga kemarin di Myanmar, kami keluar dari identitas karena harus mengejar gol. Lawan Filipina (9-0) tak bermain dengan tipikal kami. Lawan Brunei juga begitu. Lawan Myanmar kami bermain dengan rasa dendam," ujar Indra.

"Tadi kami bermain bola dengan konstruktif dan saya pikir cara bermain tadi harus dikembangkan. Mungkin secara perlahan. Kami juga ingin beberapa uji coba lagi sebelum ke Piala Asia," Indra menambahkan.

Selain mendongkrak kepercayaan diri, kemenangan kali ini membuat timnas Indonesia U-19 sukses menuntaskan dendam kepada Thailand. Maklum, Thailand adalah tim yang merusak mimpi timnas U-19 di Piala AFF U-18 2017. Kala itu, Thailand menang adu penalti di babak semifinal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.