Sukses

Inggris Menang Tipis, Skotlandia Gagal Lolos

Kane kembali menjadi pahlawan kemenangan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris tampil kurang bergigi ketika melakoni laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Dijamu Lithuania, Inggris cuma bisa menang tipis 1-0, Senin (9/10/2017) dinihari WIB.

The Three Lions sudah memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. Oleh karena itu manajer Gareth Southgate merombak tim. Ada tujuh perubahan di komposisi starter. 

Southgate memberikan kesempatan kepada Harry Maguire dan Harry Winks untuk melakukan debut. Dele Alli juga kembali dimainkan usai selesai menjalani skorsing.

Maguire hampir melakukan debut gemilang. Di menit kelima, Maguire nyaris mencetak gol bila saja tidak dihalau bek Lithuania di mulut gawang.

Lithuania yang merupakan tim peringkat 120 dunia mampu merepotkan Inggris. Kesalahan Maguire hampir dimaksimalkan oleh Darvydas Sernas. Sedangkan sepakan Ovidijus Verbickas susah payah ditepis kiper Inggris Jack Butland.

Inggris bisa membuka keunggulan di menit 27 lewat penalti Harry Kane. Wasit menunjuk titik putih setelah Alli dilanggar Orel Grinfeeld di kotak terlarang.

Marcus Rashford nyaris menggandakan keunggulan Inggris beberapa menit sebelum jeda. Sayangnya sepakan rendah pemain Manchester United itu bisa ditepis kiper Lithuania, Ernestas Setkus.

Di babak kedua, Inggris kembali gagal memaksimalkan peluang yang didapat. Salah satunya didapat Winks. Pemain Tottenham Hotspur itu tak jadi mencetak gol debut setelah Setkus tampil gemilang menggagalkannya.

Lithuania juga bukannya tanpa peluang di babak kedua. Butland dipaksa jatuh bangun menggagalkan Michael Keane dari kemungkinan melakukan gol bunuh diri.

Dengan keenangan atas Lithuania ini, Inggris mengakhiri Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa Grup F dengan poin 26. Posisi kedua ditempati Slowakia yang berarti akan melakoni playoff. Slowakia unggul selisih gol saja dari Skotlandia.

Skotlandia melewatkan peluang emas finis di posisi dua Grup F setelah ditahan imbang 2-2 oleh Slovenia.

Skotlandia sempat unggul lebih dulu melalui gol Leigh Griffiths. Namun dua gol Roman Bezjak membuat Slovenia membalikkan skor. Skotlandia cuma bisa mencetak satu gol di sisa laga lewat Robert Snodgrass.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini