Sukses

Apa Jadinya La Liga Tanpa Barcelona?

Barcelona bisa meninggalkan La Liga bila Catalonia memutuskan untuk pisah dari Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Presiden La Liga, Javier Tebas mulai ketar-ketir dengan isu Liga Spanyol tanpa kehadiran Barcelona. Los Blaugrana (julukan Barcelona) itu bisa meninggalkan La Liga bila Catalonia memutuskan untuk pisah dari Spanyol.

Sejak pekan lalu, warga Catalonia menggelar pemungutan suara di berbagai tempat, termasuk sekolah dan area publik lainnya.

Sayangnya, pemerintah Spanyol tidak merestui hal tersebut. Mereka menganggap aksi warga Catalonia merupakan perbuatan ilegal. Pemerintah pun menurunkan polisi anti huru-hara untuk membubarkan kejadian itu.

Hadirnya para personel kepolisian membuat suasana menjadi memanas dan berujung kerusuhan. Media-media Eropa memberitakan, banyak warga Catalonia yang mengalami luka-luka akibat sikap arogansi dari pihak keamanan negara.

Tiga klub Liga Spanyol yang berdomisili di Catalonia, Barcelona, Espanyol, dan Girona kemungkinan bakal angkat kaki dari La Liga. Ini yang membuat Tebas mulai risau.

"Kemerdekaan Catalonia sebelum akhir musim? Ini merupakan skenario yang harus kami analisis. Jika itu terjadi, kami akan bertanya kepada klub Catalonia di La Liga mengenai pendapat, sikap, dan keputusan mereka," ucap Tebas, dikutip dari Football Espana.

"Kami juga harus melihat deklarasi kemerdekaan Catalonia bila memang terjadi. Bila mereka (Barcelona, Espanyol, dan Girona) mendukung kemerdekaan Catalonia, mereka akan berada di luar kompetisi Spanyol. Kewajiban kami hanya mendengarkan mereka, tapi kami juga harus mematuhi aturan hukum," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pamor La Liga Turun

Pria berusia 55 tahun itu melanjutkan, bila Barcelona memutuskan untuk mengikuti peraturan Catalonia, La Liga bisa kehilangan nilai jual. Tebas juga menilai pamor La Liga bakal turun drastis.

"La Liga tanpa Barcelona dan Espanyol? Saya tidak melihat itu dalam beberapa bulan terakhir, tapi sekarang saya harus memikirkannya. Namun yang pasti, kami akan kehilangan nilai sebagai liga. Kami juga bakal kesulitan untuk memulihkan kompetisi," ucap Tebas.

Selain itu, Tebas juga mengatakan, semua pemain Barcelona yang baru memperpanjang kontrak bisa didapat dengan gratis. Beberapa pemain bintang seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, hingga Luis Suarez dinilai sebagai pemain amatir karena Federasi Catalonia belum terdaftar di UEFA dan FIFA.

"Federasi Catalonia tidak mematuhi FIFA dan pemain di tiga klub itu menjadi bebas transfer. Bisa dikatakan, semua pemain Barcelona bisa dibeli gratis," ujar Tebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.