Sukses

Wushu Kian Mantap Kejar Medali di Asian Games 2018

Setelah sukses di Kejuaraan Dunia, Wushu fokus ke Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) kian optimistis cabor ini bisa rebut meldai di Asian Games 2018. Ini setelah torehan bagus yang diraih Timnas Wushu Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu edisi ke-14 di Kazan, Rusia, 28 September-3 Oktober 2017, menjadi modal yang bagus menuju Asian Games 2018.

Tim nasional wushu Indonesia mencatat prestasi gemilang pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017 dengan meraih dua medali emas, empat perak, dan satu perunggu. Indonesia menempati posisi ketiga klasemen medali akhir di bawah China (tujuh emas) dan Hong Kong (empat emas, dua perak, dan tiga perunggu).

"Saya berharap para atlet mampu menjaga kebugaran dan kekompakan tim hingga pelaksanaan Asian Games nanti," kata Ketua PB WI, Airlangga Hartarto  saat menyambut kedatangan tim nasional wushu Indonesia di Terminal 2 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/10/2017) malam.

"Ini adalah hasil yang luar biasa. Kami memang menargetkan dua emas pada ajang ini. Sementara empat perak yang kami raih sebenarnya berpotensi emas karena nilainya hanya terpaut sedikit," ujar Airlangga.

Lindswell Kwok dan Felda Elvira Santoso menjadi penyumbang emas Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017. Felda menjadi yang terbaik pada nomor Gunshu, sedangkan Lindswell mempertahankan medali emas nomor Taijiquan.

Airlangga mengapresiasi pencapaian gemilang Lindswell dkk. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perindustrian RI itu berjanji memberikan bonus kepada para atlet yang berprestasi pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017.

"Kami mengucapkan selamat dan merasa bangga kepada Lindswell dan Felda Santoso yang telah mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan dan diikuti oleh para atlet wushu Indonesia lainnya," kata Airlangga.

Sebagai persiapan menuju Asian Games 2018, Airlangga mengatakan tim nasional wushu Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di China selama dua bulan.

"Pemusatan latihan ini merupakan upaya kami dalam mematangkan persiapan mereka. Kami berharap dengan persiapan yang matang tim Wushu Indonesia bisa dapat meraih medali sebanyak mungkin pada Asian Games 2018," ujar Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.