Sukses

OCA Mulai Fokus Persiapan Asian Games 2018

Asian Games 2018 akan menampilkan standar baru terkait fasilitas, infrastruktur, dan penggunaan teknologi maju.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Olimpiade Asia (OCA) mulai memfokuskan perhatian mereka dalam persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang,18 Agustus - 2 September 2018, usai penyelenggaraan Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) ke-5 di Turkmenistan.

"Seluruh Asia tengah mempersiapkan diri untuk Asian Games ke-18 dan kami yakin penyelenggaraannya akan sukses," kata Direktur Jenderal OCA Husain Al Musallam di Jakarta seperti dinukil dari Antara Kamis (5/10/2017).

"Meski ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi Indonesia kurang dari satu tahun jelang penyelenggaraan, mereka dapat melaluinya berkat kerja sama dan kolaborasi antara OCA dan Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC)."

Husain meyakini, Asian Games 2018 akan menampilkan standar baru. Hal ini terkait fasilitas, infrastruktur, dan penggunaan teknologi maju untuk mendukung pertandingan-pertandingan.

"Sebagaimana biasanya, kami akan menciptakan lingkungan dan kondisi terbaik bagi para atlet agar mereka mencapai penampilan terbaik," ujarnya.

OCA memuji penyelenggaraan pesta multi-cabang AIMAG ke-5 yang berlangsung di kota Ashgabat pada 17-27 September 2017. Sebab, kejuaraan itu mampu mengantarkan atlet-atlet Asia meraih rekor dunia.

"Kami mengharapkan lebih banyak lagi rekor dunia yang terpecahkan dalam Asian Games guna melanjutkan peningkatan standar prestasi di seluruh benua," ujar Husain.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Tinggi

OCA juga menaruh harapan tinggi terhadap kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 setelah tiga kali kejuaraan multi-cabang olahraga tingkat Asia juga berhasil digelar secara sukses sejak September 2016.

Tiga kejuaraan multi-cabang olahraga tingkat Asia yang berada di bawah pengelolaan OCA itu adalah Asian Beach Games ke-5 di Danang, Vietnam, pada September 2016, Asian Winter Games ke-8 di Sapporo, Jepang, pada Februari 2017, dan AIMAG ke-5 di Ashgabat, Turkmenistan, pada September 2017.

OCA mencatat, 7.356 atlet telah berpartisipasi dalam 48 cabang olahraga pada Asian Beach Games ke-5, Asian Winter Games ke-8, dan AIMAG ke-5 itu. Tingkat partisipasi itu menjadi rujukan bagi OCA dalam perluasan kesempatan kepada para atlet Asia untuk mewakili negara mereka pada berbagai cabang olahraga.

Lebih dari 10 ribu atlet dan 5.000 ofisial dari 45 negara Asia akan berpartisipasi dalam 462 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga Asian Games 2018.

"Sekali lagi, Asian Games akan mempertemukan para pemuda Asia dalam sebuah perayaan olahraga tingkat elit yang menjunjung nilai-nilai persaudaraan, mempromosikan perdamaian, toleransi, dan saling memahami," pungkas Husain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.