Sukses

Referendum Rusuh, Laga Barcelona Vs Las Palmas Tanpa Penonton

Pemerintah Pusat menganggap referendum di Kota Barcelona ilegal.

Liputan6.com, Barcelona - Sempat diliputi tanda tanya besar, Barcelona akhirnya tetap bertanding melawan Las Palmas di Camp Nou, Minggu (1/10/2017). Namun, laga berlangsung tanpa penonton. 

El Azulgrana sebelumnya meminta otoritas La Liga menunda partai karena kerusuhan pada referendum kemerdekaan Katalan. Dengan keputusan ini, Barcelona akan dianggap walkout (WO) dan kalah 0-3.  

Sebab, mereka mengambil keputusan tanpa rekomendasi kepolisian setempat. Meski terjadi kekerasan terhadap warga yang memberikan suara, Kepolisian Katalan merasa pertandingan tetap bisa digelar karena tidak mengancam keamanan. Berbeda dengan Federasi Sepak Bola Katalan yang membatalkan seluruh pertandingan di wilayah tersebut.

La Liga dan Federasi Sepak Bola Spanyol juga meminta pasukan Ernesto Valverde tetap bertanding. Di tengah ketidakpastian, Barcelona menutup pintu masuk Camp Nou bagi penonton. Hanya jurnalis yang boleh masuk.

Sekitar satu jam sebelum kick-off pukul 21.15 WIB, terkuak keberadaan pernyataan resmi dari kelompok suporter klub. Mereka mengancam akan masuk lapangan jika pertandingan tetap berlangsung.

Menyikapi kondisi ini, Barcelona akhirnya memutuskan bermain tanpa penonton. "Kami mengecam kekerasan yang terjadi di berbagai sudut Katalan dalam proses demokrasi mengemukakan pendapat," tulis keterangan resmi klub. "Melihat apa yang terjadi, kami memutuskan partai berlangsung tertutup, menyusul penolakan La Liga menunda pertandingan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Berjatuhan:

Katalan menggelar referendum untuk menentukan apakah ingin memisahkan diri dengan Spanyol, Minggu (1/10/2017). Namun, Pemerintah Pusat menganggap pemungutan suara itu ilegal. Mereka menerjunkan ribuan polisi antihuru-hara ke Kota Barcelona untuk menggagalkan proses tersebut. 

Kerusuhan pun terjadi karena kepolisian pusat menggunakan kekerasan, termasuk terhadap perempuan dan anak-anak. Aparat juga menembakkan peluru karet. Laporan terakhir AFP menyatakan kerusuhan mengakibatkan 91 korban luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Union Deportiva Las Palmas, S.A.D. atau disingkat menjadi UD Las Palmas adalah sebuah klub sepak bola Spanyol
    Union Deportiva Las Palmas, S.A.D. atau disingkat menjadi UD Las Palmas adalah sebuah klub sepak bola Spanyol

    Las Palmas

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga