Sukses

Dukung Katalan Merdeka, Bek Barcelona Aman di Timnas Spanyol

Pelatih Timnas Spanyol Julen Lopetegui mengisyaratkan posisi bek Barcelona Gerard Pique di timnya aman meski mendukung Katalan merdeka.

Liputan6.com, Barcelona - Bek Barcelona Gerard Pique secara terbuka mendukung kemerdekaan Katalan. Tetapi, pemain 30 tahun itu menyatakan tetap bangga membela Timnas Spanyol.

Sebagai pemain kelahiran Barcelona, Pique kerap menyatakan opininya terkait isu kemerdekaan Katalan dari Spanyol. Apalagi, Barcelona merupakan kota yang mewakili entis Katalan di negara tersebut.

Sikap Pique ini ternyata tidak menggangu pelatih Timnas Spanyol Julen Lopetegui. Sebab, ia menegaskan hanya akan memilih pemain berdasarkan penampilan olahraga dan bukan sikap politiknya.

"Pique? Saya ingin fokus pada permainan dan kualifikasi kami," kata Lopetegui kepada wartawan dalam konferensi pers untuk kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Albania dan Israel seperti dilansir Football Espana, Sabtu (30/9/2017).

"Beberapa olahragawan telah membicarakannya, tapi saya menilai pemain saya atas penampilan dan sikap mereka. Saya tidak meragukan Gerard. Dia akan berlatih dengan kami pada hari Senin dan dia akan menjadi pemain lagi untuk kami."

Lopetegue menegaskan Pique merupakan bagian dari jiwa Timnas Spanyol. "Tidak ada keraguan tentang itu. Kami tidak akan mengizinkan apapun atau siapa pun untuk mengalihkan kami," imbuhnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.