Sukses

Asian Games 2018 Sajikan 40 Cabang Olahraga

Total 40 cabang yang akan dipertandingkan, terdapat 11 cabang/disiplin baru di Asian Games 2018.

Jakarta Asian Games 2018 dipastikan akan menggelar 40 cabang olahraga. Dewan Olimpiade Asia (OCA) yakin tambahan satu cabang olahraga tidak akan menambah beban bagi Indonesia sebagai penyelenggara.

Ketetapan tersebut diambil dalam sidang OCA Executive Board ke-70 dan OCA General Assemby ke-36 di Ashgabat, Turkmenistan, pada 18-20 September 2017. OCA setuju RollerSport (skateboarding dan roller skate) turut dipertandingkan di Asian Games ke-18 itu.

Namun, untuk biaya penyelenggaraan cabang olahraga RollerSport dipastikan tidak menggunakan uang Indonesia. Semua penyelenggaraan yang melibatkan cabang olahraga itu akan sepenuhnya ditanggung Confederation of Asia Roller Sports (CARS)/ International Roller Sports Federation (FIRS) dan Asian Skateboarding Federation (ASF)/International Skateboarding Federation (ISF).

"INASGOC menyampaikan concern utama soal efektivitas biaya sesuai dengan arahan Ketua Pengarah Asian Games, sehingga mencoba mengajukan kembali 39 cabang olahraga. Hanya saja, OCA punya pertimbangan sendiri," kata Sekjen INASGOC, Eris Herryanto, di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

"Kami memutuskan akan meminta federasi internasional dari Skateboarding dan Rollers Sport untuk menanggung biaya penyelenggaraan serta pembangunan venue-nya. Jadi, penambahan satu cabang olahraga tersebut tidak akan membebani Indonesia terlalu banyak," tegas Eris.

Eris menambahkan, penambahan cabang olahraga tersebut diambil karena dua pertimbangan. Pertama, Asian Games merupakan pesta multicabang terbesar kedua setelah Olimpiade, sementara Sport Dicipline Skateboarding akan dimainkan di Olimpiade Tokyo 2020. Kedua, Sport Dicipline Rollerskate akan dipertandingkan di Youth Olympic 2019 di Buenos Aires. Jadi, Asian Games dianggap sebagai sarana yang tepat untuk mempertandingkan cabang tersebut.

"Jika melihat lebih jauh, OCA tengah mendukung usaha dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk memudahkan semua ajang multi-event dengan memasukkan cabang-cabang generasi muda. Atas pertimbangan itulah, kami harus memberikan dan mendukung karena itu jadi kebanggaan Indonesia menjadi bagian penting dari tujuan besar OCA dan IOC," jelas Eris.

Total 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018, terdiri atas 67 disiplin dan 462 nomor. Pertandingan-pertandingan tersebut akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.