Sukses

Ganti Posisi, 3 Pemain Ini Jadi Bintang Liga Inggris

Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu syarat pesepak bola profesional saat ini adalah fleksibilitas. Para pemain harus mau berkorban ganti posisi demi kebutuhan tim.

Ada beberapa pemain yang terpaksa melakukan itu, tapi justru menjadi sukses. James Milner contohnya. Milner memiliki posisi asli sebagai winger. Ia bisa bermain di kedua sayap sama baiknya.

Saat bersama Manchester City, Milner bahkan pernah bermain sebagai gelandang tengah. Musim lalu, Milner mendadak mengisi pos bek kiri di Liverpool berhubung performa Alberto Moreno mengecewakan.

Tak disangka, Milner bermain sangat baik di posisi tersebut. Ia membela Liverpool dalam 40 pertandingan di semua kompetisi, dengan 38 di antaranya sebagai bek kiri. Selain Milner, masih ada beberapa pemain lain yang sukses setelah ganti posisi.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya seperti dilansir Sportskeeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Victor Moses

Gelandang Chelsea asal Nigeria, Victor Moses. (AFP/Nicholas Kamm)

Moses gabung Chelsea pada 2012 sebagai winger kanan. Namun, pemain asal Nigeria itu kalah bersaing dan kerap dipinjamkan The Blues ke berbagai klub, seperti Liverpool, Stoke City, dan West Ham United. Baru pada musim lalu, Moses menembus tim utama Chelsea.

Hal itu terjadi setelah manajer Antonio Conte melihat potensi Moses sebagai wingback. Dalam formasi 3-4-3, Moses mengisi posisi wingback kanan dan dia memiliki stamina luar biasa dalam naik turun membantu penyerangan, sekaligus melindungi pertahanan.

Musim lalu, Moses membela Chelsea dalam 34 pertandingan Liga Inggris dan menyumbangkan tiga gol dan dua assist. Ia juga sukses membawa The Blues juara.

3 dari 4 halaman

2. Antonio Valencia

Gelandang Manchester United, Antonio Valencia (EPA/Peter Powell)

Valencia gabung Manchester United pada 2009 dengan tugas berat, yakni menggantikan peran Cristiano Ronaldo. Pemain asal Ekuador itu tampil cukup baik selama beberapa musim pertama sebagai winger.

Namun, seiring berjalannya usia dan persaingan yang makin sengit, Valencia kehilangan posisinya di tim utama. Untungnya ada sosok Louis van Gaal. Pelatih asal Belanda itu mencoba memainkan Valencia sebagai bek kanan dan hasilnya, sang pemain jadi salah satu bek sayap terbaik di dunia.

Musim lalu Valencia membela MU dalam 28 pertandingan Liga Inggris dengan sumbangan satu gol dan tiga assist. Ia juga membantu Setan Merah memenangi treble.

4 dari 4 halaman

3. Christian Eriksen

Pemain Tottenham, Christian Eriksen(AFP/Lindsey Parnaby)

Eriksen merupakan tipe pemain lincah sebagai playmaker. Namun, skill-nya terhambat setelah ia pindah ke Liga Inggris. Pemain asal Denmark itu kesulitan membingkar pertahanan lawan-lawan Tottenham.

Manajer Mauricio Pochettino kemudian menggeser Eriksen sebagai winger kanan, sementara Dele Alli jadi pemain nomor 10. Hasilnya, Tottenham menjadi kekuatan yang menakutkan.

Bermain dalam 36 pertandingan Liga Inggris musim lalu, Eriksen menyumbangkan delapan gol dan 15 assist. Ia juga membawa Tottenham jadi runner up Liga Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.