PSSI Minta Bantuan Pemerintah Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 25 Sep 2017, 12:50 WIB
20170210-Bahas Sengketa Pemain, FIFA Lakukan Pertemuan dengan PSSI-Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Federasi sepak bola ASEAN (AFF) mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Thailand. Hal ini juga sudah mendapat dukungan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Pencalonan kawasan Asia Tenggara menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 merupakan isu penting dalam pertemuan AFF Council di Bali, pekan lalu. Ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya di Vietnam yang memutuskan Indonesia sebagai pemimpin konsorsium ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

PSSI sendiri sudah mengirim surat permohonan kepada pemerintah Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Pemerintah pun langsung memberikan respons positif melalui surat dari Menteri Sekretaris Negara RI yang ditandatangani, Pratikno, 22 September 2017.

"Intinya, Pemerintah Republik Indonesia menyatakan komitmennya untuk mendukung PSSI dan AFF berserta seluruh anggota dalam persiapan untuk agenda tersebut," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah. Ini merupakan sebuah kepercayaan sekaligus amanat yang dengan sungguh-sungguh akan kita wujudkan bersama," ujarnya.

Joko melanjutkan, dia berharap mendapat banyak bantuan dari pemerintah Indonesia agar mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 terwujud.

"Piala Dunia bukan hanya pekerjaan federasi tapi juga pekerjaan negara. Oleh karenanya, penting untuk mendapatkan endorsement dari negara dalam hal ini Mensesneg. Ini starting point untuk jalan panjang," ucap Joko.

Saksikan juga video pilihan di bawah ini: